Ketua DPRD Pangandaran Hadiri Acara Hajatan Laut

Ketua DPRD Pangandaran Hadiri Acara Hajatan Laut

Pangandaran, LINews – Pangandaran merupakan satu wilayah yang kaya dengan sumber daya alamnya yang indah dan menarik. Saking indahnya, tidak heran banyak dikunjungi wisatawan Asing maupun Lokal.

Selain alamnya, Kabupaten yang berada di ujung Jawa Barat dan perbatasan dengan laut lepas juga memiliki tradisi budaya yang khas dengan pantai Pangandaran.

Tradisi Hajat Laut di Pangandaran, Ketua DPRD mengatakan ini Sudah Menjadi Daya Tarik Bagi Wisatawan Lokal dan Asing
Satu di antaranya, kegiatan hajat laut yang sudah melekat dan menjadi tradisi tahunan bagi masyarakat pesisir Pangandaran.

Tradisi hajat laut ini tentu selalu dijaga dan digelar warga pesisir disaat memasuki awal tahun hijriah dengan melaksanakan beberapa serangkaian kegiatan mulai dari upacara tradisional, arak arakan dong dang, larung dan sebagainya.

Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, Asep Noordin menyebut, Kabupaten Pangandaran kaya dengan alam dan budayanya.

“Seperti hajat laut ini sudah menjadi tradisi budaya warga pesisir atau nelayan sejak dulu dan sudah lama jadi agenda tahunan,” ujar Asep.

Menurutnya, hajat laut merupakan satu tradisi yang menjadi kearifan lokal masyarakat di Pangandaran yang terus dilestarikan pungkasnya.

“Jadi, hajat laut ini akan selalu dilestarikan dan sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dari berbagai daerah. Termasuk, wisatawan mancanegara,” katanya.

(BD)

Tinggalkan Balasan