Ketua KY Diundang Prabowo Bahas Kesejahteraan Hakim

Ketua KY Diundang Prabowo Bahas Kesejahteraan Hakim

Jakarta, LINews – Ketua Komisi Yudisial (KY) RI, Prof Amzulian Rifai, yakin presiden terpilih Prabowo Subianto tulus dan serius dalam memperhatikan kesejahteraan hakim. Dia bercerita pernah dipanggil Prabowo untuk membahas kesejahteraan hakim.

“Saya meyakini ketulusan dan keseriusan Bapak Prabowo dalam merespon dan menindaklanjuti aksi Solidaritas Hakim Indonesia. Jauh sebelum adanya aksi tersebut, tepatnya 20 Mei 2024, saya pernah di undang Bapak Prabowo membahas tentang kesejahteraan hakim,” kata Amzulian saat dihubungi, Selasa (8/10/2024).

Amzulian mengungkapkan saat itu Prabowo serius mencatat masukan yang disampaikannya. Dia memberi masukan kepada Prabowo mulai dari rumah dinas hingga fasilitas dan asuransi kesehatan hakim.

“Dalam pertemuan tersebut beliau didampingi oleh Prof Sufmi Dasco Achmad. Bapak Prabowo begitu serius dan mencatat masukan-masukan saya selaku Ketua KY. Beliau meminta masukan terkait rumah dinas, hal keuangan, fasilitas perumahan, dan asuransi kesehatan,” ujarnya.

Amzulian mengatakan Prabowo prihatin saat dirinya menceritakan ada hakim yang meninggal di tempat kontrakan. Dia menyebut Pabowo berjanji akan merealisasikan kesejahteraan hakim setelah dilantik sebagai Presiden.

“Beliau prihatin ketika saya informasikan beberapa hakim yang mulia dan wakil Tuhan itu meninggal di tempat kosan/kontrakannya. Beliau berjanji akan memberikan atensi agar hakim dapat bekerja dengan independen, tidak korup dan itu harus dimulai dengan memperhatikan kesejahteraan mereka, ‘insyaallah setelah saya mendapatkan amanah sebagai Presiden, saya akan langsung aksi’. Semoga niat dan tekad Bapak Prabowo untuk mensejahterakan hakim dapat terlaksana dengan baik,” imbuhnya.

Prabowo Komitmen Perbaiki Gaji Hakim

Sebelumnya diberitakan, Prabowo menyampaikan pesan kepada para hakim di rapat audiensi DPR RI dengan Solidaritas Hakim Indonesia. Melalui telepon yang tersambung dengan ponsel Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Prabowo berkomitmen memperbaiki gaji para hakim.

“Saudara-saudara sekalian, saya diberi tahu oleh Profesor Dasco bahwa ada pertemuan antara Saudara-saudara perwakilan dari para hakim dengan pimpinan DPR. Saya memang menaruh perhatian yang sangat besar sudah sejak lama terhadap para hakim. Saya berpendapat bahwa yudikatif kita harus sangat kuat,” kata Prabowo melalui sambungan telepon di rapat, gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10).

Prabowo berkomitmen hakim harus diperbaiki kualitas hidupnya. Ia mengatakan ingin memperbaiki penghasilan para hakim supaya bisa lebih baik.

“Saya sangat berpendapat bahwa para hakim harus diperbaiki kualitas-kualitas hidupnya, dan harus dijamin, supaya para hakim itu sangat mandiri dan bisa menjalankan tugas sebagai hakim dengan sebaik-baiknya,” ujar Prabowo.

“Karena itu, dari dulu rencana saya ingin memperbaiki remunerasi penghasilan para hakim supaya menjadi sangat baik. Itu pandangan saya dari dulu,” tambahnya.

(Don)

Tinggalkan Balasan