KPK Harap Sinergi Pemberantasan Korupsi Terus Berlanjut

KPK Harap Sinergi Pemberantasan Korupsi Terus Berlanjut

Jakarta, LINews – Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 resmi berakhir di Jakarta, Rabu (13/12). Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap hal tersebut tidak menyurutkan semangat sinergitas seluruh pemangku kepentingan untuk memberantas korupsi.

“Semoga kita semakin mengokohkan sinergi dalam memberantas korupsi seperti tagline Hakordia tahun ini yaitu, ‘Sinergi berantas korupsi untuk Indonesia Maju’,” pesan Plt. Deputi Bidang Informasi dan Data KPK, sekaligus Ketua Pelaksana Peringatan Hakordia 2023, Eko Marjono dalam keterangan tertulis, Kamis (14/12/2023).

Eko mengatakan pemberantasan korupsi bukanlah hal yang mudah dilakukan. Karena itu, ia mengajak segenap elemen bangsa, mulai dari para Aparat Penegak Hukum (APH), kementerian, lembaga, pemerintah daerah (KLPD), Civil Society Organization (CSO), akademisi, pegiat antikorupsi, dan seluruh masyarakat untuk bersinergi, mengambil peran, dan berkomitmen dalam mewujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi.

Ia pun menegaskan rangkaian kegiatan Hakordia merupakan momentum untuk menebarkan semangat antikorupsi. Momentum ini diharapkan dapat berlanjut dan dilaksanakan kembali di tahun-tahun selanjutnya.

Eko turut menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam rangkaian peringatan Hakordia 2023.

“Terima kasih kepada seluruh Kementerian/Lembaga, serta seluruh stakeholder yang sudah berkenan hadir dan memberikan support-nya sehingga acara Peringatan Hakordia tahun 2023 dapat berjalan dengan baik dan lancar,” kata Eko.

Eko juga berterima kasih kepada pemerintah Provinsi DKI, Dinas Pendidikan SMA Jambi, Tapaksiapi, dan seluruh panitia yang sudah berpartisipasi pada acara Hakordia.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua KPK Johanis Tanak juga memberikan penghargaan kepada PT. Telkom Indonesia yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan Hakordia 2023.

Diketahui, penutupan Hakordia 2023 diisi dengan pemutaran video behind the scene pembuatan lagu antikorupsi KPK yang berjudul ‘Biasakan yang Benar’. Lagu ini kemudian dibawakan dalam penampilan duet Barsena Bestandhi dan Ify Alyssa. Penampilan band Padi Reborn pun ikut memeriahkan penutupan acara yang dihelat selama dua hari ini.

Penghargaan Integrity Expo Hakordia 2023

Selain side event yang diadakan berbagai direktorat KPK, rangkaian kegiatan HAKORDIA 2023 juga dimeriahkan dengan kegiatan Integrity Expo. Kegiatan tersebut adalah pameran antikorupsi dan pelayanan publik.

Ada 64 peserta booth yang tersebar ke dalam 7 Zona, antara lain 3 booth Zona KPK, 10 Kementerian, 13 lembaga, 14 BUMN, 11 Pemerintah Daerah, 7 Asosiasi dan 6 Organisasi sektor Pendidikan yang terlibat dalam kegiatan itu.

Sebagai apresiasi, Ketua KPK Nawawi Pomolango dan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata pun memberikan secara langsung penghargaan kepada exhibitor (booth) dengan kategori 10 terbaik dan 10 terfavorit.

Adapun penilaian juri berdasarkan kreativitas kegiatan, desain estetika, kebersihan dan kerapihan booth, serta kedisiplinan terhadap aturan.

(Ary)

Tinggalkan Balasan