KPK Periksa Eks Kepala Bea Cukai DIY

KPK Periksa Eks Kepala Bea Cukai DIY

Jakarta, LINews – KPK telah menetapkan mantan Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Eko menjalani pemeriksaan sebagai tersangka.

“Benar, sesuai dengan agenda tim penyidik, hari ini diagendakan pemeriksaan pihak yang ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan penerimaan gratifikasi dan TPPU di Dirjen Bea Cukai Kemenkeu RI,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (15/9/2023).

Eko Darmanto telah tiba di KPK. Ali belum menjelaskan apakah Eko akan langsung ditahan atau tidak.

“Pemeriksaan saat ini masih berlangsung,” katanya.

KPK sebelumnya telah melakukan penggeledahan di rumah Eko dan pihak terkait kasus tersebut. Lokasi penggeledahan berada di Jakarta Utara, Tangerang Selatan, dan Depok. Ali mengatakan penyidik KPK menyita mobil mewah, motor mewah, hingga tas bermerek. Namun, Ali belum menjelaskan detail merek mobil dan motor yang disita itu.

“Ditemukan dan diamankan antara lain berbagai kendaraan roda dua dan roda empat berbagai merek terkenal dan mewah, tas merek luar negeri, dan juga dokumen-dokumen yang diduga kuat memiliki keterkaitan dengan pembuktian perkara ini,” ujar Ali kepada wartawan, Selasa (12/9).

Selain melakukan penggeledahan, KPK juga telah mencegah Eko Darmanto ke luar negeri. Ali mengatakan pencegahan dilakukan selama enam bulan ke depan. Selain Eko, tiga orang lainnya turut dicegah ke luar negeri oleh KPK.

“Empat pihak yang dimaksud yaitu satu ASN Bea Cukai dan tiga pihak swasta,” jelas Ali.

“Kami imbau agar para pihak tersebut selalu kooperatif hadir dan bersedia memberikan keterangan yang sebenarnya di hadapan tim penyidik,” sambungnya.

Berikut empat orang yang dicegah terkait korupsi Eko Darmanto:

1. Eko Darmanto (Eks Kepala Bea Cukai DIY)

2. Ari Muniriyanti Darmanto (Komisaris PT Ardhani Karya Mandiri)

3. Rika Yunartika (Komisaris PT Emerald Perdana Sakti)

4. Ayu Andhini (Direktur PT Emerald Perdana Sakti).

(Robi)

Tinggalkan Balasan