KPK Sita Dokumen Perubahan APBD saat Geledah Balai Kota Semarang

KPK Sita Dokumen Perubahan APBD saat Geledah Balai Kota Semarang

Jakarta, LINews – KPK melakukan serangkaian penggeledahan di Balai Kota Semarang. Sejumlah bukti ditemukan penyidik KPK dalam kegiatan tersebut.

“Dari proses tersebut, telah dilakukan penyitaan beberapa dokumen, salah satunya adalah terkait perubahan APBD,” kata Jubir KPK Tessa Mahardhika Sugiarto di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2024).

Selain menyita dokumen perubahan APBD, KPK menyita catatan terkait aliran dana. Tessa mengatakan pihaknya juga menemukan bukti elektronik dalam rangkaian di Balai Kota Semarang.

“(Ditemukan) catatan terkait aliran dana serta dokumen elektronik yang diduga terkait sebagaimana atau berupa file yang tersimpan dalam komputer serta beberapa smartphone,” ujar Tessa.

Rangkaian penggeledahan di Balai Kota Semarang dilakukan sejak Rabu (17/6). Hingga hari ini proses geledah di Semarang masih berlanjut.

“Sampai saat ini disampaikan bahwa kegiatan penyidikan masih berlangsung. Untuk lokasinya hanya di Kota Semarang, jadi tidak keluar dari Kota Semarang,” ujar Tessa.

Kasus dugaan Korupsi di Pemkot Semarang saat ini tengah diusut KPK. Ada tiga kasus dugaan korupsi diusut mulai pemerasan, gratifikasi, hingga terkait pengadaan barang dan jasa.

Dalam kasus ini, KPK juga telah mengajukan cegah bepergian ke luar negeri kepada empat orang. Keempat orang itu terdiri dari dua penyelenggara negara dan dua pihak swasta.

(Robi)

Tinggalkan Balasan