KPK Sita Mobil Milik Anak SYL Anggota DPR

KPK Sita Mobil Milik Anak SYL Anggota DPR

Jakarta, LINews – KPK kembali menyita aset terkait kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan tersangka mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Kali ini, penyidik KPK menyita mobil Toyota Innova.

“Telah selesai menyita satu unit mobil merek Toyota Innova Venturer 2.0 A/T beserta satu buah kunci remote mobil,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (31/5/2024).

Ali mengatakan pembelian mobil itu diduga berkaitan dengan dugaan korupsi SYL. Mobil tersebut, kata Ali, diduga telah diganti kepemilikannya untuk menghilangkan jejak korupsi.

“Mobil tersebut ditemukan berada diwilayah Kota Bandung yang kemudian diduga pembeliannya menggunakan identitas pihak lain dan selanjutnya dimutasikan lagi kepemilikannya untuk menghilangkan jejak asli dari pemilik sebenarnya,” katanya.

Dia mengatakan mobil Innova yang disita penyidik KPK ini merupakan milik anak SYL, Indira Chunda Thita. Sebagai informasi, Thita merupakan anggota DPR RI dari Fraksi NasDem.

“Sesuai dengan berita acara penyitaan, mobil ini disita dari Indira Chunda Thita (Anggota DPR RI periode 2023 s/d 2024),” ucap Ali.

“Berikutnya segera akan dikonfirmasi pada saksi-saksi dan tersangka SYL untuk melengkapi berkas perkara penyidikan dugaan TPPU-nya,” sambungnya.

SYL saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka. KPK menjerat SYL dengan tiga pasal mulai dari pemerasan, gratifikasi, hingga pencucian uang.

Kasus gratifikasi dan pemerasan dari SYL saat ini telah masuk ke tahap persidangan. Sementara kasus pencucian uang dari SYL masih dalam penyidikan di KPK.

Saksi-saksi yang dihadirkan di sidang kasus gratifikasi dan pemerasan mengungkap mereka harus patungan atau menggunakan anggaran Kementan untuk memenuhi kebutuhan SYL. Salah satunya ialah patungan untuk membeli Innova senilai Rp 500 juta untuk Thita.

(Robi)

Tinggalkan Balasan