KPK Telusuri Penampung Pungli 4 Miliar

KPK Telusuri Penampung Pungli 4 Miliar

JAKARTA, LINews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melacak pihak ketiga yang diduga menampung uang pungutan liar (pungli) oknum petugas rutan KPK. Diduga terdapat pihak di luar petugas rutan KPK yang bertugas menampung uang pungli hingga mencapai Rp4 miliar.

“Termasuk juga pendalaman apakah ada pihak lain di luar KPK yang memanfaatkan situasi ini, dalam pengertian dia ikut turut serta misalnya membantu sehingga beberapa pihak di luar itu memberikan sejumlah uang dan masuk ke oknum pegawai KPK,” kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, Rabu (21/6/2023).

KPK sedang mendalami modus penerimaan pungli oknum petugas rutan tersebut. KPK juga akan menelisik potensi pemberian fasilitas atau keistimewaan di dalam rutan dari dugaan pungli itu.

“Ini yang masih terus kami dalami lebih lanjut, karena secara SOP, kerja-kerja rutan di KPK itu sangat ketat. Makanya kami dalami apa yang kemudian diberikan, jasa dalam tanda kutip yang diberikan kalau kemudian betul ada dugaan pidananya,” ujar Ali.

Sebelumnya, Dewas mengungkap temuan dugaan pungli di rutan KPK. Diduga, ada oknum petugas rutan KPK yang menerima pungli hingga mencapai Rp4 miliar dalam kurun waktu Desember 2021-Maret 2022.

Oknum petugas rutan diduga menerima pungli dari tahanan KPK atau pihak terkait. Oknum tersebut menerima pungli dengan cara menampung uang di rekening pihak ketiga. Kemudian, uang diterima petugas rutan itu dari pihak ketiga secara tunai.

(Robi)

Tinggalkan Balasan