Kualitas Jalan Cidahu-Malingping Diduga Sarat Korupsi

Kualitas Jalan Cidahu-Malingping Diduga Sarat Korupsi

Kota. Tasikmalaya, LINews  – Maraknya Paket Paket Pekerjaan Pembangunan di kota Tasikmalaya yang diduga tidak mengacu kepada spek yang sudah di sepakati dalam kontrak kerja misalnya dalam pembangunan proyek rekontruksi kapasitas struktur jalan (khusus kota) jalan cidahu-malingping paket 1 kota Tasikmalaya yang menelan Anggaran hingga Miliaran Rupiah.

Dengan Nilai kontrak RP 3.204.399.000,00 Sumber Dana, Dana Alokasi khusus (DAK)  no kontrak 620/4871/PPK/JJ . TANGGAL 13 mei 2022, yang di kerjakan oleh CV SUKA BAHAGIA ,KONSULTAN PENGAWAS PT MARGA SARANA BHUMI. dengan Waktu pelaksanaan 120 hari kalender.

Bila kita lihat dari papan proyek dalam pekerjaan ini, kita amati ada beberapa hal yang harus kita kritisi diantaranya Keterangan kontrak sehingga menimbulkan pertanyaan dan kerancuan kapan di mulainya pekerjaan tersebut dan ada keterlambatan atau tidak Di tambahkanya juga untuk pekerjaan proyek pembangunan proyek rekontruksi/peningkatan jalan malingping – cidahu ini sangat lemah pengawasanya sehingga baku mutunya pun sangat dipertanyaka, contoh untuk gelaran pasangan material batu terkesan asal asalan, saya yakin orang biasa pun ketika pasang pasangan di rumah rumah warga sudah terbiasa, tapi kalo melihat pekerjaan proyek proyek pemerintah yang notabenenya menggunakan uang negara dan disitu ada tim teknik, tim perencana dan tim pengawas,tapi kok asal jadi .Di terangkanya kontruksi bangunan akan kokoh dan awet,apabila pondasinya baik, dan dapat diperkirakan juga akibat kontruksi pondasi an tidak baik jelas akan berpengaruh juga terhadap kontruksi bangunan itu sendiri, dan ketika dikroscek di lokasi kegiatan pekerjaan pembangunan proyek rekontruksi/peningkatan jalan malingping – cidahu yang di kerjakan oleh CV SUKA BAHAGIA / KONSULTAN PENGAWAS PT MARGA SARANA BHUMI. itu sangat di ragukan kedalamanya.

Diterangkannya, kontruksi bangunan akan kokoh apabila pondasinya baik, dan dapat diperkirakan juga akibat kontruksi galian/pondasi yan tidak baik jelas akan berpengaruh juga terhadap kontruksi bangunan itu sendiri, dan ketika dikroscek dilokasi kegiatan pekerjaan  yang dikerjakan oleh CV SUKA BAHAGIA.

Sangat diragukan kedalamanya, lalu pertanyaanya berapakah kedalaman galian/ pondasi yang telah dibuat oleh tim teknik perencana, dan sejauh mana pengawasan terhadap pelaksanaan proyek tersebut.

Ditambahkanya, komposisi bahan campuran untuk pasir, semen dan air jelas ada spesifikasi standar yang mengarah kepada baku mutu, yang tentu akan berpijak kepada perolehan kualitas yang diinginkan oleh Owner yakni Dinas PUTR Kota Tasikmalaya sebagai penerima jasa kontruksi, dan sekaligus sebagai pengguna anggaran, karena jangan lupa anggaran yang dikeluarkan adalah uang rakyat, dan untuk kepentingan rakyat serta jangan sampai ada pihak-pihak yang sengaja menggerogoti uang negara untuk kepentingannya secara pribadi ataupun golongan.

Rabu 15 juni 2022 pukul 13:43 wib ,sempat koordinasi/menghubungi lewat by phone dengan salah seorang pengawas dari PUTR namun tidak ada respon baik, bahkan di telepon pun tidak di angkat.

“Saya berharap kepada seluruh stakeholder baik pemerintah, swasta dan kita sebagai kalangan pemerhati pemberantasan tindak pidana korupsi untuk mengawal seluruh anggaran pemerintah dengan harapan tidak ada tikus-tikus kantor, yang menggerogoti uang rakyat dan apabila adakami tidak akan segan segan akan melaporlanya kepada pihak berwenang demi terselenggaranya rasa keadilan untuk dan atas nama masyarakat,” ungkapnya.

(M.rahmat)