Kuasa Hukum Masyarakat Cikalong Akan Somasi Eka Santosa

Kuasa Hukum Masyarakat Cikalong Akan Somasi Eka Santosa

Pangandaran, LINews – Menyikapi pernyataan Eka Santosa di media Muhamad Ijudin Rahmat, kuasa hukum masyarakst Cikalong angkat bicara.

Beliau meminta untuk tidak asal tuduh terkait adanya pembajakan liar di Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran jelas Ijudin.

Menurut Ijudin “Harus diketahui, hak kepemilikan sudah jelas dalam putusan Pengadilan Ciamis nomor; 2/prapid/pnciamis/2023 adanya pembayaran SPPT. Dan penetapan pengadilan sudah jelas menunjukan kepemilikan lahan terbuka milik masyarakat, bukan perhutani,” ujarnya, melalui pesan tertulis, Senin (18/3/2024).

Menurutnya, jika disambungkan lagi dengan produk eksekutif adanya keputusan Bupati Ciamis tahun 2001, tentang ijin penebangan untuk masyarakat, itu memperjelas status kepemilikan lahan tersebut.

“Justru aneh kalau Eka Santosa menuduh adanya penebangan liar di Cikalong, padahal pihak kami sebagai ormas pun telah melaporkan dugaan pembalakan liar di beberapa titik hutan Pangandaran, seperti di Sukahurip dan di beberapa desa lain. Itu dilakukan secara terbuka, tapi kenapa luput dari perhatian Eka Santosa, kan ini jadi aneh,” ungkapnya.

Kaitan itu, dalam waktu dekat pihaknya akan melayangkan somasi kepada Eka Santosa terkait tuduhan pembalakan liar karena tuduhan dinilai bisa mencemari nama baik kuasa hukum dan masyarakat Cikalong.

“Aneh kalau Eka Santosa yang telah lama duduk di kursi legislatif mewakili rakyat, tapi tak peka terhadap kepentingan rakyat.

Masalah putusan pengadilan kan siapa pun tak boleh intervensi, kalau ada dugaan dugaan ya laporkan saja kepada lembaga terkait, seperti komisi Yudisial RI. Jangan membuat isu dengan tuduhan tindak pidana, ini kan hoaks,” ujarnya.

Karena dinilai telah meresahkan masyarakat, pihak kuasa hukum akan segera mensomasi Eka Santosa atas pernyataannya.

“Besok kami tindaklanjuti surat somasi tersebut dan juga hak jawab kepada seluruh media yang menanyakan hoaks tuduhan dari Eka Santosa,” tandasnya.

Sementara menanggapi pemberitaan di salah satu media online tentang tuduhan adanya pembalakan liar tersebut, Assoc. Prof. Dr. Musa Darwin Pane, S.H., M.H. menyayangkan sikap Eka Santosa yang juga Ketua FPHJ.

“Pernyataan itu berpotensi sebagai dugaan penyebaran berita hoaks yang dapat menimbullkan keresahan di tengah masyarakat khususnya di Kabupaten Pangadaran,” ujar Musa Darwin.

Ia menjelaskan, Putusan Praperadilan di PN Ciamis adalah putusan yang telah berkekuatan hukum tetap dan semua orang harus menghargainya.

“Selain itu, seharusnya Eka Santosa membaca dan mempelajari secara lengkap isi putusan dan tidak asal bicara di media mengenai pembalakan liar tanpa bukti,” ujarnya.

(BD)

Tinggalkan Balasan