Warga Keluhkan PJU Sitamiang Baru Padam saat Malam

Warga Keluhkan PJU Sitamiang Baru Padam saat Malam

Padangsidimpuan, LINews – Beberapa bulan belakangan ini Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) tenaga surya dan PLN tidak menyala di malam hari, warga mengeluh, Senin (14/8/2023) malam.

Kondisi yang gelap itu terjadi beberapa titik di gang Nasional atau tepatnya disekitar depan Masjid Al-madani Lingkungan III Kelurahan Sitamiang Baru, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara.

Margono (38), salah seorang warga setempat kepada LINews mengatakan, sangat menyanyangkan kinerja Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Padangsidimpuan soal pemeliharaan LPJU itu.

“Pada hal kalau nggak salah dan seingat saya (maaf), anggaran pemeliharaan LPJU itu setiap tahunnya selalu ditampung dalam APBD pada dinas terkait. Yang menjadi pertanyaan, kenapa dinasnya selalu membiarkan LPJU itu tetap tidak menyala di malam hari, kenapa?,” ucap Margono

Menurutnya, tidak etis (wajar) jika suatu daerah ataupun lingkungan yang dekat dengan kota masih ada jalan dan gang yang terlihat gelap di saat malam hari. Pada hal daerah itu masih merupakan daerah disekitar pusat kota.

“Saya heran, sudah beberapa bulan belakangan ini LPJU tenaga surya dan PLN itu selalu tidak menyala di malam hari. Pada hal penerangan itu sangat penting dan juga dibutuhkan warga, baik pejalan kaki maupun pengguna kenderaan,” ucapnya.

Selain itu, LPJU yang tidak menyala itu juga terjadi di jalan Makmur gang Bangun Rejo I Lingkungan IV Sitamiang Baru, atau tepatnya disamping Puskesmas Pembantu (Pustu) jalan menuju kantor Lurah Sitamiang Baru.

Salah seorang warga setempat, Mara (29) mengatakan, beberapa bulan belakangan ini kondisi yang gelap itu terjadi disamping Postu Sitamiang Baru atau jalan menuju kantor Lurah Sitamiang Baru,” jelasnya sambil keheranan.

“Kalau sehari dua hari saya maklum, tapi sudah beberapa bulan belakangan ini LPJU itu tidak pernah menyala lagi seperti biasanya, cuma kisaran satu jam menjelang dan sesudah sholat Magrib langsung mati. Apa pihak dinas terkait tidak tahu atau pura-pura tidak mau tahu?,” ungkapnya.

Di hari yang sama di waktu yang berbeda, hal senada juga diungkapkan warga setempat, Rizal (24) mengatakan, sebagai seorang warga Lingkungan IV Kelurahan Sitamiang Baru dia merasa kecewa karena LPJU itu tidak pernah menyala lagi di saat malam hari, dinas terkait juga tak kunjung memperbaikinya,” terangnya.

β€œIa bang, sudah beberapa bulan belakangan ini saya lihat LPJU di gang itu tidak menyala lagi dan tetap tidak diperbaiki. Pada hal bulan-bulan sebelumnya setiap saya lewat dari situ selalu terlihat terang, ini nggak, terlihat gelap dan tidak seperti biasanya,” jelasnya.

Sebagai warga, saya dan warga lainnya merasa kecewa karena penerangan itu sangat butuhkan. Sebab, jika dibiarkan terus gelap begitu di saat malam hari tentu kita takut juga jika nanti ada hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi pada warga.

Kami (warga) berharap agar Walikota Padangsidimpuan merespon keluhan warga itu untuk menugaskan dinas terkait agar segera memperbaiki LPJU itu, sebagaimana slogan Walikota Padangsidimpuan menuju Sidimpuan bersinar,” harapnya.

(Hotmatua)

Tinggalkan Balasan