Luhut Jemput Kedatangan Presiden China

Luhut Jemput Kedatangan Presiden China

Jakarta, LINews – Presiden China Xi Jinping tak hadir di KTT ke-43 ASEAN di Jakarta. Namun “sosok kuat” lain datang dari negeri tersebut ke RI.

Perdana Menteri (PM) China Li Qiang mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (5/9/2023). Dalam pantauan CNBC Indonesia, Li Qiang mendarat pada pukul 15.40 WIB menggunakan pesawat Boeing 747-8 bertuliskan Air China.

Kedatangannya pun langsung disambut oleh Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi (Marinves), Luhut Binsar Panjaitan. Tarian tradisional juga menyambut figur penting China itu.

Sebelumnya, pengumuman kedatangan Li Qiang disampaikan Kementerian Luar Negeri China. Juru bicara Wang Wenbin mengatakan Li Qiang akan menghadiri tiga kegiatan.

“Ia akan mengambil bagian dalam KTT China-ASEAN ke-26, KTT ASEAN Plus Tiga (APT) ke-26 yang mencakup China, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel), serta KTT Asia Timur ke-18,” ujarnya.

“Perdana Menteri China akan berkunjung satu hari lagi pada hari Jumat untuk melakukan kunjungan resmi ke pejabat Indonesia,” tambahnya.

China adalah mitra dagang terbesar ASEAN. Di mana banyak negara anggota blok Asia Tenggara berbagi perbatasan darat dan maritim dengan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

(Roy)

Tinggalkan Balasan