Menko Polhukam Apresiasi BNPT Tahun 2023 Zero Terrorist Attack

Menko Polhukam Apresiasi BNPT Tahun 2023 Zero Terrorist Attack

Bogor, LINews – Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengapresiasi kinerja Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) karena tidak ada aksi terorisme selama 2023 dan Pilpres 2024. Hadi menilai Keberhasilan tersebut merupakan hasil kerja sama berbagai elemen yang dibangun BNPT dalam penanggulangan teroris.

“Pada kesempatan baik ini saya juga ingin sampaikan apresiasi kepada BNPT yang sejak tahun 2020-2024 karena upayanya yang luar biasa mampu menanggulangi terorisme yang dilakukan BNPT,” kata Hadi di peresmian Museum Penanggulangan Terorisme di Komplek BNPT, Bogor, Jawa Barat, Selasa (16/7/2024).

“Ini mendapatkan apresiasi karena dilihat sangat maju, dan dilihat sangat memberikan kontribusi positif terhadap negara kesatuan Republik Indonesia. Dan hal yang paling menonjol adalah tentunya zero terrorist attack pada tahun 2023. Dan yang paling memberikan kesan terbaik adalah pelaksanaan pemilu 2024 yang berjalan aman dan bebas dari aksi terorisme,” sambungnya.

Hadi menyebut pencapaian tersebut merupakan hasil pelibatan pemerintah, akademisi hingga komunitas masyarakat yang dilakukan BNPT dalam menanggulangi terorisme. Meskipun demikian, kata Hadi, menurunnya angka terorisme bukan berarti Indonesia terbebas dari ancaman terorisme.

“Meskipun demikian, menurunnya angka terorisme bukan berarti Indonesia sudah sepenuhnya terbebas dari ancaman terorisme. Berdasarkan data dari I-KHub BNPT dan hasil penelitian pada 2023 terjadi peningkatan radikalisasi terorisme di kalangan perempuan, anak dan remaja,” kata Hadi.

“Ini menjadi perhatian kita semua, sekali lagi dan ini menjadi pekerjaan rumah dalam mewujudkan visi Indonesia emas tahun 2045. Kita harus memastikan bahwa setiap warga negara aman dan terlindungi. Oleh karena itu, saya berharap BNPT untuk terus waspada mencegah potensi terorisme yang ada,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meresmikan Museum Penanggulangan Terorisme Adhi Pradana yang berada di Kompleks Kantor BNPT, Citereup, Kabupaten Bogor. Peresmian dilakukan bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-14 BNPT.

Museum penanggulangan terorisme diresmikan langsung oleh Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mendagri Tito Karnavian, dan Kepala BNPT Komjen Mohammed Rycko Amelza Dahniel. Hadir dalam peresmian tersebut, Wakapolri Komjen Agus Andrianto, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Bambang Ismawan, serta tamu lainnya, seperti imam besar masjid istiqlal Nasarudin Umar dan Khofifah Indar Parawansa.

Dalam sambutannya, Hadi mengapresiasi atas pembangunan museum penanggulangan terorisme di BNPT. Ia berharap museum ini menjadi pusat edukasi tentang bahaya terorisme serta pentingnya persatuan dan perdamaian.

“Museum ini tidak hanya menjadi tempat mengenang dan menghormati para pahlawan, yang telah berkorban dalam perang melawan terorisme. Tetapi juga sebagai pusat edukasi bagi masyarakat tentang bahaya terorisme dan pentingnya menjaga persatuan dan perdamaian,” kata Hadi dalam sambutannya, Selasa (16/7).

“Saya berharap museum ini jadi sumber inspirasi untuk lebih memahami dan mengapresiasi pentingnya peran kita dalam menjaga keamanan dan kedamaian negara. Mari kita jadikan museum ini kita jadikan simbol komitmen dalam memerangi terorisme dan membangun Indonesia yang lebih aman, damai, dan sejahtera,” sambungnya.

(Aries)

Tinggalkan Balasan