Menteri Diberi Seragam Lapangan di Akmil Magelang

Menteri Diberi Seragam Lapangan di Akmil Magelang

Jakarta, LINews – Presiden Prabowo Subianto akan menggembleng menteri Kabinet Merah Putih dalam retret tiga hari di Akademi Militer (Akmil) Lembah Tidar Magelang, Jawa Tengah pada 24-27 Oktober 2024.

Apa saja agendanya yang dilakukan Presiden dan para menterinya di Akmil Magelang ini ?

Retret Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang diikuti Presiden Prabowo Subianto, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, menteri, wakil menteri, dan pejabat setingkat menteri.

Prabowo mengajak para menteri dan wakil menteri ke Akmil Magelang untuk menerima pembekalan dan koordinasi guna membentuk tim yang baik.

“Saya nilai akan membawa banyak manfaat. Sesungguhnya lahirnya Republik kita memang proklamasi di Jakarta, tetapi ujian proklamasi berada di daerah-daerah di mana pejuang-pejuang kita melaksanakan perebutan kemerdekaan secara fisik,” ujarnya, Rabu (23/10/2024).

Presiden Prabowo Subianto menyatakan, menteri dan kepala lembaga Kabinet Merah Putih diajak ke Akademi Militer (Akmil) Magelang untuk membentuk kerja sama tim yang baik.

Hal ini ditekankan Prabowo dalam sidang paripurna perdana Kabinet Merah Putih di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10/2024).

“Saya sangat mengutamakan kerja sama sebagai tim. Untuk itu, dalam waktu dekat saya akan mengajak saudara ke Magelang di mana kita akan melaksanakan beberapa hari menambah pembekalan,” kata Prabowo, Rabu.

“Kemudian kita akan adakan koordinasi-koordinasi di tempat di Magelang, Jawa Tengah, kawasan Akademi Militer,” imbuh dia.

Menurut Prabowo, kegiatan di Akademi Militer akan membawa banyak manfaat.

Terlebih, wilayah tersebut merupakan saksi bisu perjuangan bangsa melawan penjajah sejak ratusan tahun lalu.

“Magelang merupakan suatu sentra perlawanan kita terhadap penjajah mulai ratusan tahun dikenal sebagai darah perjuangannya Pangeran Diponegoro di antara 5 gunung itu, saya kira cukup membawa suatu aura tradisi keberanian, tradisi heroisme, tradisi cinta tanah air,” ujar dia.

Mantan Menteri Pertahanan ini menyebutkan, ujian melawan penjajah dan merebut kemerdekaan berada di daerah-daerah, meski proklamasi lahir dan dibacakan di Jakarta.

Prabowo pun mempersilakan menteri dan kepala lembaga segera membentuk tim agar mampu bekerja cepat, meski baru dilantik dua hari lalu.

Ia menekankan, penyusunan tim sangat penting karena tim yang baik dan mampu bekerja sama akan memudahkan untuk mencapai target-target yang ditentukan.

“Saudara saya persilakan secepat mungkin, terutama bagi menteri-menteri yang baru, silakan konsolidasi sendiri, mengatur sendiri, secepat mungkin administrasi saudara dan tim saudara di kementerian dan badan masing-masing,” kata Prabowo.

Agenda Menteri di Magelang

Penjelasan soal program kerja Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni mengungkapkan, para menteri akan berangkat bersama ke Magelang pada Kamis (24/10/2024) pukul 13.30 WIB dari Bandara Halim Perdanakusuma.

“Insyaallah besok berangkat bersama-sama,” ujarnya saat menghadiri Sidang Kabinet Praipurna pertama di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (23/10/2024).

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi pernah mengatakan, para menteri dan wakil menteri akan mendapat penjelasan perihal program kerja prioritas pemerintah dalam acara tersebut.

“Ini kan belum semua juga saling mengenal dengan jumlah kementerian yang bertambah dari periode yang lalu. Tentu membutuhkan kerja sama yang erat,” ujar Prasetyo, Rabu (23/10/2024).

“Oleh karena itulah, Pak Prabowo mempercepat proses kerja samanya itu dengan kita sering-sering dikumpulkan,” lanjutnya.

Menteri Koperasi, Budi Arie Setiadi menambahkan, para menteri dan wakil menteri akan mendapatkan pembekalan seputar team-building di Magelang.

“Kita ikut perintah dari Jumat sampai Minggu. Harus solid kan team-building,” tegasnya.

Pembekalan diadakan untuk memperkuat kedisiplinan anggota kabinet.

Mereka diharapkan membangun jiwa korsa, kekompakan, dan soliditas sehingga bisa mulai bekerja usai retret.

Menteri pakai seragam lapangan

Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni menyebut, para menteri dan wakil menteri yang mengikuti pembekalan di Akmil Magelang mendapatkan seragam lapangan.

“Seragam ada kemeja dua pasang (warna) putih dan khaki, sepatu, kaos olahraga, dan ada topi juga,” tuturnya.

Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arya menambahkan, anggota Kabinet Merah Putih akan mengenakan pakaian seragam loreng dalam kegiatan tersebut.

“Jadi ada pakaian loreng, ada kaus, ada baju, seragam, ya menyerupai seragam militer,” kata Bima Arya, Selasa (22/10/2024).

Menko Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menambahkan, dia menduga mereka akan melakukan kegiatan lapangan saat retret di Akmil.

“Kemarin saya kaget dibagikan seragam lapangan, ya mungkin ada kegiatan lapangan, saya tidak tahu. Yang jelas semangatnya adalah melanjutkan pembekalan-pembekalan dilakukan oleh Bapak Presiden Prabowo,” ujar AHY pada Selasa (22/10/2024).

(Don)

Tinggalkan Balasan