Mudik Lancar, Jokowi Apresiasi Jajaran dan Masyarakat

Istana, LINews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat  dan petugas yang terlibat dalam pelaksanaan mudik Lebaran tahun 2022. Mudik dinilai berjalan lancar tanpa kendala.

Apresiasi tersebut disampaikan Kepala Negara saat memimpin rapat terbatas dengan sejumlah menteri terkait evaluasi mudik Lebaran tahun 2022 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

“Alhamdulillah mudik kemarin berlangsung aman dan sehat, tanpa ada peristiwa yang berakibat fatal serta tidak ada penambahan kasus Covid-19 yang berarti,” ujar Jokowi dalam keterangannya.

Berdasarkan data yang diterima Presiden, jumlah penumpang umum pada H-7 serta H+7 lebaran tahun 2022 mengalami penurunan dibandingkan pada tahun 2019 karena adanya peralihan kepada moda kendaraan pribadi.

Selain itu, kejadian kecelakaan pada mudik Lebaran tahun 2022 juga mengalami penurunan sebesar 45 persen dibandingkan tahun 2019 yaitu dari 3.199 kasus menjadi 1.763 kasus.

“Dari survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia, mayoritas masyarakat menyatakan kepuasannya terhadap penyelenggaraan mudik Lebaran tahun ini. Saya kira ini diapresiasi oleh masyarakat,” kata Jokowi. (Biro Pers Setpres/Vhe)