Tim Gabungan TNI/Polri Amankan ODGJ di Kalipucung

Tim Gabungan TNI/Polri Amankan ODGJ di Kalipucung

Pangandaran, LINews – Petugas gabungan terdiri atas TNI, Polri dan Pemdes Tunggilis termasuk Puskesmas Kalipucang mengamankan seorang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Dusun Cintamaju Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, yang mengamuk sehingga meresahkan warga masyarakat setempat, Rabu (03/01/2024) sekitar pukul 12.17 wib siang.

Warga berinisial Sunica (26) kurang lebih, mengamuk lalu menyiksa ibu kandungnya serta merusak rumahnya dan rumah tetangganya sehingga menjadi tontonan warga setempat.

Anggota Polsek Kalipucang Ps. Kanit Binmas Aiptu Juhana dan Babinsa Desa Tunggilis Serda (Sersan Dua) Warkino, mengatakan, timnya terpaksa menyuntikkan obat penenang untuk melakukan evakuasi terhadap ODGJ tersebut.

“Setelah dibujuk keluarganya, saya dan anggota lainnya naik ke Mobil Ambulance untuk menyelamatkan ODGJ tersebut,” kata dia.

Setelah beberapa jam, akhirnya Sunica berhasil diamankan dan dibawa ke puskesmas kalipucang/terdekat dalam keadaan selamat meski dilakukan dengan cara dipaksa lantaran terus melawan.

Kemudian Sunica dibawa petugas Dinas Sosial ke Rehabilitasi.

Pengamanan ODGJ ini tidak mudah karena ia memberontak dan melawan dan bertahan di selama beberapa jam.

Aksi ODGJ tanpa baju itu berlangsung selama hampir tiga jam ini yang disebabkan karena ia terlambat diberikan makan siang dan obat.

Awalnya, ia mengamuk dan merusak rumahnya sendiri untuk kabur ke luar.

Kemudian setelah puas merusak rumahnya sendiri, Sunica melompat dan lari ke keluar rumah warga yang bersebelahan dengan rumahnya dan bertahan beberapa jam di sana.

Petugas dan keluarga sempat membujuk agar Sunica Mau di berikan obat dengan memberikan makanan, rokok dan minuman. Saat itu, kondisi dalam rumah ODGJ ini sudah rusak berat.

Menurut salah satu warga, Sunica sudah lama mengalami gangguan jiwa, yang mana ia selama ini dikurung dalam kamar. Kejadian serupa sempat terjadi beberapa waktu lalu.

Sementara itu Pemdes Tunggilis, Kecamatan Kalipucang, Kepala Dusun Cintamaju bapa Isa mengatakan pihaknya akan memberikan Fasilitas ke pihak keluarga atas apa yang menimpa Sunica melalui pendampingan dari dinas sosial dan Puskesmas kalipucang memberikan keterangan kepada Media-Pangandaran.

(BD).

Tinggalkan Balasan