Open House di Istana Ricuh

Open House di Istana Ricuh

Jakarta, LINews – Kericuhan terjadi di kompleks Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) saat open house bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Warga berebut untuk masuk menghadiri jamuan umum Presiden Jokowi itu.

Pantauan di lokasi, Rabu (10/4/2024), sejumlah warga terlihat bergerombol masuk ke Kompleks Kemensetneg. Lokasi itu memang merupakan akses masuk utama warga menuju lokasi open house.

Mereka tampak masuk dengan terburu-buru hingga berlari. Bahkan diketahui rombongan terakhir yang masuk ini tak melewati skrining dan pintu detector.

Sebab, sebagian dari mereka tampak masih membawa tas hingga ponsel. Padahal rombongan warga yang masuk sebelumnya wajib menitipkan barang bawaannya dan tak diperkenankan membawa apa pun ke lokasi open house.

Begitu masuk ke Kompleks Kemensetneg, sebagian dari mereka berebut mengantre di pintu masuk tamu. Sementara sebagian lagi langsung mengarah ke tenda putih yang diketahui menjadi tempat penukaran kupon. Kupon hari ditukarkan setelah warga masuk ke lokasi open house.

Petugas keamanan, seperti Paspampres dan TNI-Polri, memang terlihat ada yang berjaga di lokasi. Namun banyaknya warga yang masuk tampaknya tak mampu dihadang petugas. Akibatnya, kericuhan terjadi persis di luar gedung open house Jokowi.

Warga Jatuh Hingga Pingsan

Kerumunan dan desakan antarwarga hingga petugas tak dapat dihindari. Bahkan cukup banyak warga yang jatuh tersungkur hingga pingsan.

 

Warga yang pingsan langsung ditopang bergeser oleh petugas kesehatan yang bersiaga. Petugas keamanan pun tampak kesusahan menenangkan kerumunan warga yang terus berteriak dan memaksa masuk.

Tenda putih yang sejatinya digunakan sebagai tempat penukaran makanan dan paket sembako ditutup karena tak mampu menahan desakan warga. Bahkan tempat antrean masuk ke lokasi open house juga tampak telah ditutup.

(Ary)

Tinggalkan Balasan