P3A Mekar Rahayu Asri Laksanakan Peningkatan Jaringan Irigasi di Desa Mekar Sari

P3A Mekar Rahayu Asri Laksanakan Peningkatan Jaringan Irigasi di Desa Mekar Sari

Bandung, LINews – Pembangunan Peningkatan jaringan irigasi Mekar Rahayu Asri kini sedang dilaksanakan pembangunan Daerah irigasi (DI) Cikondang tersebut merupakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI).

Dilokasi kegiatan, nampak sejumlah petani yang tergabung didalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Mekar Rahayu Asri, bahu membahu membangun saluran irigasi tersebut.

Jumena selaku Ketua Kelompok Tani Mekar Rahayu Asri mengatakan, bahwa kegiatan P3-TGAI yang tengah dilaksanakan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja layanan irigasi supaya lebih maksimal. Karena, sambung dia, tanpa air yang mencukupi para petani tidak akan mendapatkan hasil pertanian yang bagus kalau zidak di tunjang dengan Irugasi yang baik, Kamis (10/10/24).

Pekerjaan berbasis peran serta masyarakat petani yang saat ini baru dilaksanakan nantinya akan mengairi lahan pertanian seluas kurang lebih 15 Ha.

Atas nama para petani, ia mengucapkan terimakasih kepada Iis Rosyita Dewi, atau yang kerap disapa dengan sebutan Iis Edhy Prabowo ini, sebagai Politikus atau Anggota Dewan DPR – RI dari Partai Gerindra yang telah memberikan aspirasinya melalui Program (P3-TGAI) untuk kebutuhan para petani di desanya.

“Dengan terealisasinya Program rehabilitasi peningkatan pembangunan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat ini, para petani nantinya tidak akan kesulitan lagi untuk mendapatkan air dalam bercocok tanam” ungkapmya.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarsari Hj. Lilis Nani Kurnia menjelaskan bahwa Program P3-TGAI merupakan jawaban dari aspirasi masyarakat petani yang selama ini masuk pada Pemerintah Desa.

P3-TGAI ini, lanjut Lilis, merupakan kegiatan padat karya irigasi yang pekerjaannya meliputi persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi agar memperhatikan kebutuhan khususnya para petani.

Dilaksanakan P3-TGAI ini, juga untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor strategis ekonomi domestik melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi.

“Maka dengan terealisasinya program bantuan pembangunan P3 – TGAI ini, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Iis Edhy Prabowo selaku Anggota Dewan DPR – RI partai Gerindra yang telah memberikan Aspirasinya, sehingga di harapkan dengan program perbaikan jaringan irigasi tersebut dapat meningkatkan hasil pertanian bagi para petani di Desanya,” ucap Lilis.

(Arus)

Tinggalkan Balasan