Pasien meninggal, Diduga di Tolak Puskesmas Sodong hilir Tasikmalaya

Pasien meninggal, Diduga di Tolak Puskesmas Sodong hilir Tasikmalaya

Tasikmalaya, LINews – Seorang pasien bernama Abdul Basir dinarasikan meninggal dunia dalam perjalanan menuju puskesmas Fatma usai ditolak di puskesmas Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya pada Rabu (14/6/2023). Kerabat pasien menuding, tenaga medis enggan menindak pasien yang sudah pingsan akibat darah tinggi dan stroke.

Dalihnya, perawat meminta pasien dibawa ke puskesmas lain karena kondisi ruang rawat yang sudah penuh dan ketika itu tenaga medis tengah menangani dua psien anak yang mengalami kejang.

“Jadi korban itu dibawa ke Puskesmas nah di sana tim medis menolaknya karena penuh ruangan dan ada dua pasien yang sedang ditangani,” kata Jajang Sanusi, Kepala Dusun di Desa Sepatunggal.

“Padahal kita enggak minta ditindak langsung atuh setelah nindak dua pasien itu baru ke almarhum. Kesannya ngusir aja dengan nada tinggi,” ujar Jajang.

Malang tak bisa ditolak, kurang dari satu kilometer dari puskesmas, pasien akhirnya wafat di perjalanan menuju puskesmas lain.

Ditemui Kamis Sore (15/6/23), pihak puskesmas memastikan tidak menolak pasien yang menyebabkan meninggal dunia. Namun, pihaknya mengakui terjadi kesalahan komunikasi dari tenaga medis terhadap keluarga.

“Jadi posisinya ruang perawatan atau tempat tidur penuh. Nakes juga lagi tangani pasien lain. Mungkin karena komunikasi yang salah sehingga tidak diterima baik oleh keluarga pasien,” ucap Popon Herlina, PLT Kepala Puskesmas Sodonghilir.

Pasca kejadian ini, Kecamatan Sodonghilir langsung melakukan takziah untuk menyampaikan permohonan maaf. Pemerintah juga mengumpulkan tenaga medis agar menandatangani fakta integritas untuk meningkatkan pelayanan medis lebih baik.

“Kami takziah ke rumah duka, sampaikan permohonan maaf. Dan pada dasarnya keluarga menerima ikhlas wafatnya almarhum. Tapi langkah kami tetap melakukan pembenahan di antaranya tadi dilakukan fakta integritas agar peralatan Puskesmas makin bagus,” kata Uu Syaeful Uyun, Camat Sodonghilir.

(Rahmat)

Tinggalkan Balasan