Paslon Pilkada Tasik Jalani Tes Kesehatan di RSUD KHZ Musthafa

Paslon Pilkada Tasik Jalani Tes Kesehatan di RSUD KHZ Musthafa

Tasikmalaya, LINews – Bakal pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya menjalani pemeriksaan kesehatan usai mendaftar di KPU. Pemeriksaan disesuaikan dengan urutan saat mendaftar di KPU Kabupaten Tasikmalaya.

Bakal paslon Cecep Nurul Yakin dan Asep Sopari Alayubi menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD KHZ Musthafa, Jumat Sore (30/8/24). Pasangan ini diusung koalisi Tasik Maju yang berisi PPP, Gerindra, Demokrat dan PKS.

Tim pemenangan mendampingi paslon Nurul-Asep. Mereka optimis lolos dalam pemeriksaan kesehatan. Keduanya sempat puasa dan olah raga kecil. Selain sering olah raga, Cecep mengklaim sangat bugar karena latihan otot.

“Saya tidak ada persiapan khusus. Hanya sesuai arahan harus puasa. Saya sih optimis yah, karena saya ini sehat bugar, malahan berani ngadu dengan dirut RSUD kuatan saya,” kata Cecep Nurul Yakin di RSUD KHZ Musthafa.

Cecep mengaku berterima kasih terhadap rumah sakit yang telah menjadwalkan pemeriksaan sore hari. Pasalnya, Jumat ini rumah sakit masih melayani pasien. Jika jadwal pemeriksaan pagi, maka hawatir menggangu masyarakat yang mau berobat.

“Saya bersyukur ya sore hari dijadwalkan pemeriksaan kesehatan ini. Terima kasih KPU, RSUD KHZ Musthafa yang menjadwalkan. Kalau pagi kan masih banyak masyarakat yang berobat. Saya tidak mau mengganggu hak warga Kabupaten Tasikmalaya untuk mendapat pelayanan medis,” kata Cecep Nurul Yakin.

Dirut RSUD KHZ Musthafa, dr Iman Firmansyah menyebut pemeriksaan bakal calon kepala daerah melibatkan 40 dokter spesialis dan pendukungnya. Proses pemeriksaan dilakukan lengkap mulai kesehatan fisik, jasmani, psikis hingga narkoba.

“Dipilihnya RSUD KHZ Musthafa sebagai wahana untuk pemeriksaan bakal calon bupati dan wakil bupati berdasarkan keputusan KPU Kabupaten Tasikmalaya. Untuk pemeriksaan kesehatanya akan dilakukan oleh tim pemeriksa yang terdiri dokter spesialis, psikolog, dan tim BNN. Ada 40 dokteran,” kata Iman Firmansyah.

Demi kelancaran tahapan pemeriksaan bakal calon kepala daerah ini RS KHZ Musthafa sediakan beberapa ruangan. Pihaknya sengaja menjadwalkan pemeriksan Jumat sore agar tidak mengganggu pelayanan pasien masyarakat umum yang berobat.

“Sengaja sore jadwalnya karena kan Jumat masih ada praktek poli, dan sistem kita sudah online digital jadi masyarakat daftar di rumah. Kita nggak mungkin setop pasien dan nggak boleh, maka pemeriksaan dilaksanakan sorenya,” katanya.

Untuk kelancaran kegiatan tersebut, pihak RS KHZ. Musthafa pun sudah menyiapkan beberapa ruangan, yang di antaranya ruang VIP untuk ruang tunggu calon, ruang poliklinik rawat jalan untuk pemeriksaan jasmani dan hotel alhambra untuk pemeriksaan rohani dan penyalahgunaan narkotika.

Pemeriksaan kesehatan Bakal Calon Bupati Tasikmalaya akan berlangsung tiga hari mulai Jumat (30/8/24) sampai Minggu (1/9/24). Dijadwalkan Sabtu besok giliran bakal paslon Iwan Saputra dan Dede Muksit Aly yang diusung partai Golkar dan PAN, dan didukung delapan parpol nonparlemen. Masih di hari Sabtu (31/8/24), pukul 13.00 bakal paslon petahana Ade Sugianto dan Iip Miftahul Faoz diperiksa kesehatanya.

(Joni KS)

Tinggalkan Balasan