Pemkab Cilacap Ikuti Penilaian Interviu Evaluasi SPBE Tahun 2023

Pemkab Cilacap Ikuti Penilaian Interviu Evaluasi SPBE Tahun 2023

Cilacap, LINews – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengikuti acara Penilaian Interviu Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2023 bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Interviu didampingi oleh Tim Asesor Internal PAN-RB, Ahmad Baehaqi dan Tim Asesor Eksternal PAN-RB, Mira Suryani, secara daring di Ruang Rapat Jalabumi Setda Cilacap, Rabu (20/09/2023).

Disampaikan Kepala Diskominfo Cilacap, Supriyanto, Evaluasi SPBE merupakan kelanjutan dari proses penilaian mandiri atau internal oleh Pemkab Cilacap sebagai bentuk klarifikasi terhadap bukti dukung yang relevan. Pada tahun 2022 lalu, Pemkab Cilacap masuk ke dalam lokus pemantauan tambahan sehingga menjalani penilaian dokumen tanpa interviu .

“Tahun ini kami sudah memperbaiki catatan monitoring dan evaluasi, dalam proses penilaian mandiri Pemkab Cilacap menargetkan indeks SPBE 3.59. Mudah-mudahan melalui interviu ini proses klarifikasi dan validasi oleh Asesor Eksternal PAN-RB terhadap bukti dukung yang telah disampaikan sesuai dengan yang diharapkan,” ungkap Supriyanto.

Untuk diketahui, SPBE adalah penyelenggaraan pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada para penggunanya. Proses Evaluasi SPBE tersebut nantinya akan menghasilkan indeks SPBE yang menggambarkan tingkat penerapan SPBE dan juga rekomendasi agar Pemerintah Daerah melakukan perbaikan pada aspek-aspek yang masih kurang.

Adapun delapan aspek yang menjadi tolak ukur yaitu aspek kebijakan internal SPBE, perencanaan strategis SPBE, teknologi informasi dan komunikasi, penyelenggaraan SPBE, penerapan manajemen SPBE, pelaksanaan audit SPBE, pelayanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik dan layanan publik berbasis elaktronik. Nilai indeks SPBE Pemkab Cilacap pada tahun 2023 diharapkan dapat meningkat dibandingkan tahun 2022 yang memperoleh indeks SPBE 2.87 dengan kategori baik.

(Al S)

Tinggalkan Balasan