Pemkab Tapsel Sukses Tuan Rumah MTQ Ke-39 Tingkat Provsu

Pemkab Tapsel Sukses Tuan Rumah MTQ Ke-39 Tingkat Provsu

Tapsel, LINews – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Pemkab Tapsel) patut berbangga, karena daerahnya sukses menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-39 Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tahun 2024 yang berlangsung mulai dari tanggal 20 sampai 28 Juni 2024.

Hal itu disampaikan Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan (Kab Tapsel) Dolly Putra Parlindungan S.Pt, MM saat menghadiri penutupan MTQ Ke-39 Tingkat Provsu di Gedung Astaka MTQ Desa Tolang Kecamatan Sipirok, Jum’at (28/6/2024) malam.

“Berakhirnya perhelatan MTQ Ke-39 Tingkat Provsu dengan dipenuhi prestasi dan kesuksesan”.

Bupati Dolly Pasaribu mengatakan, kesuksesan Kab Tapsel sebagai tuan rumah MTQ Ke-39 Tingkat Provsu terlihat dari berbagai aspek, pertama, pada pelaksanaan MTQ Ke-39 Tingkat Provsu berjalan lancar dan tertib karena semua itu berkat kerja keras panitia dan dukungan semua pihak.

Kedua, MTQ Ke-39 Tingkat Provsu diikuti 1.332 peserta Kafilah dari 33 Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara (Sumut). Dan itu menunjukkan tingginya rasa antusiasme masyarakat terhadap syiar Islam. Ketiga, perhelatan MTQ Ke-39 Tingkat Provsu juga dimeriahkan dengan berbagai acara seperti Pawai Taaruf, Pameran Kaligrafi, dan Ceramah Agama. Sehingga banyak masyarakat yang hadir untuk memeriahkan acara tersebut,” terang Dolly Pasaribu.

Selain sukses sebagai tuan rumah MTQ Ke-39 Tingkat Provsu, Kab Tapsel juga patut berbangga dengan prestasi yang telah diraihnya masuk 10 besar dan menduduki peringkat ke 9 dengan nilai 14 dari 33 Kota/Kabupaten se-Provsu.

“Prestasi ini menunjukkan kemajuan pesat dalam pembinaan Qari dan Qariah di Kab Tapsel sekaligus menjadi bukti bahwa daerah ini memiliki potensi besar dalam mencetak Qari dan Qariah berprestasi di Tingkat Nasional maupun Internasional,” ungkap Dolly Pasaribu.

Disamping itu, Kab Tapsel juga telah menjadi sejarah karena telah dua kali berturut-turut menerima penghargaan Jecamatan Terbaik se-Sumatera Utara.

Adapun Kecamatan itu antara lain Kecamatan Batang Toru pada tahun 2022 dan Kecamatan Sipirok pada tahun 2023. Sedangkan untuk tahun 2024 ini Kecamatan Sipirok dipercaya sebagai tuan rumah MTQ Ke-56 Tingkat Kab Tapsel dan juga ssbagai tuan rumah MTQ Ke-39 Tingkat Provsu,” ujar Bupati.

Selain itu, untuk pemenang MTQ Ke-39 Tingkat Provsu tahun 2024 yakni untuk peringkat Pertama diduduki Kota Medan dengan nilai 91, disusul peringkat Kedua diraih Kabupaten Deli Serdang dengan nilai 39 begitu juga dengan peringkat Ketiga diraih Kabupaten Langkat dengan nilai 38,” jelas Dolly Pasaribu.

Lebih lanjut Dolly mengatakan, MTQ Ke-39 Tingkat Provsu bukan hanya sekedar ajang kompetisi membaca Al-Qur’an saja namun menjadi momen yang sangat penting dalan menyebarkan syiar Islam dan juga memperkuat Ukhuwah Islamiyah di Sumut,” terangnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Agus Fatoni yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) Muhammad Arman Efendy Pohan dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemkab Tapsel atas kerja keras dan dedikasinya dalam menyukseskan acara tersebut.

Muhammad Arman juga berharap MTQ Ke-39 Tingkat Provsu dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan syiar Islam dalam memperkuat Ukhuwah Islamiyah di Sumut.

Disamping itu, Pj Gubsu juga menyampaikan rasa bangganya atas suksesanya Kab Tapsel menjadi tuan rumah MTQ Ke-39 Tingkat Provsu. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kab Tapsel karena telah mendukung dan membantu pelaksanaan MTQ ini.

Saya berharap MTQ Ke-39 Tingkat Provsu ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, namun membawa manfaat bagi masyarakat Kab Tapsel, baik dari segi perputaran ekonomi, promosi produk lokal dan pariwisata, maupun pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“MTQ Ke-39 Tingkat Provsu tahun 2024 di Kab Tapsel telah resmi berakhir (ditutup), dan juga meninggalkan kesan mendalam serta kenangan indah bagi semua pihak yang terlibat,” ungkap Pj Gubsu.

Semoga semangat MTQ Ke-39 Tingkat Provsu tahun 2024 ini dapat terus terjaga dan membawa manfaat bagi kemajuan syiar Islam di Kab Tapsel.

(Hotmatua)

Tinggalkan Balasan