Pemkot Bandung Segera Bentuk Kampung Siaga

Pemkot Bandung Segera Bentuk Kampung Siaga

Bandung, LINews – Wali Kota Bandung Yana Mulyana segera membentuk kampung siaga bencana sebagai langkah preventif dan antisipasi. Apalagi, Kota Bandung termasuk kawasan rawan bencana alam.

Kampung Siaga Bencana dibentuk untuk membangun mental masyarakat serta meningkatkan koordinasi agar selalu siap siaga dan kuat menghadapi berbagai ancaman bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi di daerahnya.

“Ini untuk kesiapsiagaan kita semua menghadapi potensi bencana, tanggap bencana,” kata Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Senin (10/10/2022).

Kerawanan bencana di Kota Bandung, kata dia, cukup tinggi mengingat curah hujan yang mulai tinggi serta letak geografis Kota Bandung yang berada di cekungan. Tak hanya itu, Kota Bandung juga dikelilingi pegunungan serta berada di bawah patahan atau Sesar Lembang.

Kota Bandung memiliki risiko cukup tinggi terjadinya bencana. Seperti banjir, angin puting beliung, longsor, kebakaran hingga gempa bumi.

“Kalau ada bencana banjir Dinsos apakah menyiapkan beras, makanan, misalkan PU melakukan pembersihan sedimentasinya, masing-masing sudah paham apa yang dilakukan di setiap bencana,” ujarnya.

Secara bertahap, setiap kecamatan di Kota Bandung diharapkan dapat memiliki Kampung Tanggap Bencana untuk mitigasi bencana. Dia menargetkan, pembentukan Kampung Siaga Bencana ini dilakukan secepatnya.

“Target lebih cepat lebih baik. Mudah-mudahan dari rakor ini ada sepemahaman dan niat yang sama, warga, pemkot, stakeholder, bisa bikin role model dulu. Bisa dibikin kecamatan di tingkat dulu karena SDMnya cukup banyak, potensi konsolidasi stakeholder kebencanaannya lebih siap,” ujarnya.

Dia berharap, cukup banyak titik titik kampung siaga bencana agar jika terjadi bencana di satu wilayah lebih cepat penanggulangannya.

“Tidak hanya dari pemkot tapi warga juga semakin paham bagaimana menanggulangi bencana terutama pascabencananya,” ucap dia.

(HD)