Pemprov Banten Bangun Jalan Ciparay-Cikumpay

Pemprov Banten Bangun Jalan Ciparay-Cikumpay

Lebak, LINews – Sepanjang 12,27 km ruas jalan Ciparay-Cikumpay di Desa Panggarangan, Kecamatan Panggarangan, Lebak, Banten, mulai dibangun. Jalan ini merupakan akses menuju tempat wisata di Lebak Selatan.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan ruas jalan ini dibangun untuk mendukung pengembangan potensi yang ada di wilayah Lebak Selatan. Diharapkan adanya peningkatan ekonomi dari pembangunan jalan tersebut.

“Banyak potensi yang luar biasa dan pemerintah hadir menyiapkan layanan dasar yaitu infrastruktur. Lantaran infrastruktur memiliki multiplier effect yang positif. Terlebih, ruas jalan tersebut dapat mendukung sektor pariwisata yaitu Wisata Gunung Luhur dan wisata pantai,” sebut Al dalam keterangan tertulis, Selasa (5/3/2024).

Selain akses menuju tempat wisata, jalan tersebut menjadi penghubung antardesa di sekitarnya. Jalan ini pula, lanjut Al, menjadi akses bagi siswa menuju sekolah.

“Ini bagian pemerintah hadir menyiapkan infrastruktur untuk layanan dasar kepada masyarakat, akses jalan salah satu penunjang keterkaitan dengan sarana lain termasuk tata ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten Arlan Marzan mengatakan pembangunan ruas jalan Ciparay-Cikumpay merupakan prioritasnya pada 2024. Jalan ini mulanya milik Pemerintah Kabupaten Lebak yang diambil alih oleh Provinsi Banten.

“Pembangunan jalannya sepanjang 12,27 km dengan lebar 6 meter. Pekerjaan pembangunannya jenis konstruksi beton FS 4,5 MPa dan penanganan longsor dengan sheet pile serta pekerjaan saluran atau drainase,” kata Arlan.

Rencananya pembangunan jalan ini dilakukan selama 300 hari kerja. Rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi pun akan diterapkan.

“Waktu pengerjaan selama 300 hari kalender, dan kita akan melakukan rekayasa lalu lintas agar pembangunan dapat lebih cepat,” pungkasnya.

(Yd)

Tinggalkan Balasan