Pendopo Royal Ambarrukmo Jelang Akad Nikah Kaesang-Erina

Pendopo Royal Ambarrukmo Jelang Akad Nikah Kaesang-Erina

Sleman, LINews – Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, akan melangsungkan akad nikah dengan Erina Gudono siang ini. Bagaimana suasana lokasi jelang akad nikah Kaesang dan Erina?

LINews berkesempatan melihat ke dalam lokasi akad nikah di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman, DI Yogyakarta, pada pukul 11.00 WIB, Sabtu (10/12/2022), sebelum prosesi dimulai.

Bunga bernuansa putih tampak menghiasi dekorasi lokasi akad nikah. Meja yang akan dipergunakan untuk ijab qabul Kaesang dan Erina ada di ujung Pendopo atau tepatnya di area pringgitan yang menghubungkan ke ndalem ageng atau rumah utama. Kursi pengantin dan orang tua mempelai juga sudah dipersiapkan.

Meja bundar juga sudah dipersiapkan untuk para tamu. Meja-meja itu sudah dihiasi makanan, minuman, hingga buah-buahan.

Beberapa tamu sudah tampak hadir di lokasi. Beberapa di antaranya yakni Menteri BUMN Erick Thohira hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang merupakan panitia.

Akad Nikah

Prosesi akad nikah Kaesang dan Erina akan dimulai sekitar pukul 12.00 WIB. Ada sejumlah rangkaian prosesi hari ini, seperti pasrah dan tampi, akad nikah. Kemudian ada juga panggih pengantin, di mana nantinya ada penyerahan pisang sanggan, kembar mayang, balangan gantal, sesuci samparan, wiji dadi, bubak kawah rucat degan, tampa kaya, dhahar klimah, methuk besan, pangabekten/sungkeman hingga bedholan pengantin.

Sebagai informasi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan menjadi saksi nikah dari Kaesang. Sementara Mensesneg Pratikno akan menjadi saksi Erina.

Menko PMK Muhadjir Effendy, kakak Kaesang Gibran Rakabuming Raka, kakak ipar Kaesang Bobby Nasution didapuk menjadi juru bicara pasrah, di mana Kaesang akan diserahkan untuk menjalani prosesi akad nikah tersebut.

Sementara, Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan memberikan khotbah dan doa nikah untuk Kaesang dan Erina.

(Wandi)