Pesawat Kepresidenan Sudah Mendarat di Bandara IKN

Pesawat Kepresidenan Sudah Mendarat di Bandara IKN

IKN, LINews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi untuk pertama kalinya mendarat di Bandara IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024), menggunakan Pesawat Kepresidenan seri Boeing 737-800.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pernah mendarat di Bandara IKN menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85 yang relatif lebih kecil pada 24 September 2024. Pendaratan ini dianggap spesial bagi Badan Bank Tanah.

Pasalnya, pembangunan Bandara IKN berada di atas Hak Pengelolaan (HPL) Badan Bank Tanah yang berada di PPU seluas 621 hektar dengan tarif nol rupiah alias gratis.

Pendaratan ini dianggap spesial bagi Badan Bank Tanah. Pasalnya, pembangunan Bandara IKN berada di atas Hak Pengelolaan (HPL) Badan Bank Tanah yang berada di PPU seluas 621 hektar dengan tarif nol rupiah alias gratis.

“Pendaratan ini begitu bersejarah. Ini adalah tinta emas yang kami torehkan dalam sejarah aviasi Indonesia serta masa depan negara. Bandara ini tentunya ke depan akan memberikan dampak yang sangat positif bagi kesejahteraan masyarakat khususnya di PPU dan perekonomian Indonesia,” ujar Kepala Badan Bank Tanah, Parman Nataatmadja dalam keterangan pers, Minggu (13/10/2024).

Bandara IKN mulai dibangun pada 1 November 2023. Melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Udara Very Very Important Person untuk Mendukung Ibu Kota Nusantara, Badan Bank Tanah diberikan amanah untuk menyediakan lahannya.

Secara terpisah, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasi yang sangat besar kepada Badan Bank Tanah. Menurutnya, kerja sama antara Kemenhub, Kementerian PUPR dan Badan Bank Tanah, menghasilkan kolaborasi yang baik dan berdampak positif pada percepatan sebuah pembangunan.

(Nano)

Tinggalkan Balasan