Pilkades Serentak di Tasikmalaya Berhadiah Umrah

Pilkades Serentak di Tasikmalaya Berhadiah Umrah

Tasikmalaya, LINews – Pemilihan kepala desa (pilkades) digelar serentak di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (14/9/23). Ada 67 desa dari 35 kecamatan yang melaksanakannya.

Salah satunya Desa Cintaraja, Kecamatan Singaparna yang menggela. Antusiasme masyarakat terlihat sejak pagi. Mereka rela antre dan berdesakan demi memberikan hak pilihnya.

“Dari pagi saya di sini, belum kebagian nyoblos saking banyaknya warga yang mau pilih. Seru pak dinikmati saja. Demi milih calon kades saya, ada hadiah juga doorprize umrah gratis,” kata Titin, salah seorang pemilih di TPS 01 Cintaraja.

Doorprize hingga umrah itu memang sengaja disiapkan panitia. Tujuannya agar warga mau berbondong-bondong ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya.

Kupon dengan nama lengkap dan nomor kontak warga akan diundi setelah pencoblosan rampung. Panitia memastikan hadiah umroh gratis dan barang elektronik bukan dari pasangan calon kepala desa.

“Jadi demi menarik minat pemilih, kami dengan tokoh masyarakat membuat inovasi hadiah dan doorprize umrah gratis bagi warga. Karena berkaca dari pemilihan kades yang lalu, pemilih nyaris tidak menyentuh dua per tiga warga. Alhamdulillah dengan doorprize masyarakat antusias,” kata Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Cintaraja Zamaludin.

Sementara itu, dalam pilkades di sini, tercatat ada lima pasangan calon kepala desa di Desa Cintaraja. Mereka memperebutkan 7.000-an suara masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya pastikan pelaksanaan Pilkades serentak dilaksanakan dengan baik. Pemberian hadiah maupun door prize Umroh hingga barang elektronik lain mendapat apresiasi.

“Pemerintah daerah apresiasi munculnya door prize umroh gratis demi menarik minat pemilih, asal jangan dari kades dan tidak mempengaruhi pilihan warga,” kata Sekda Kabupaten Tasikmalaya Mohammad Zen di lokasi.

Untuk mengamankan jalannya pilkades ini, sebanyak 476 personil kepolisian, TNI, dan Linmas dikerahkan untuk proses pemilihan dan perhitungan suara. Diharapkan proses Pilkades ini berjalan aman tanpa gangguan berarti.

“Kami kepolisian dengan pemerintah daerah dan TNI laksanakan monitoring. Tentu Pilkades ini harus jadi pesta rakyat yang bahagia. Anggota kita tempatkan di lokasi TPS untuk mengamankan jalanya pemilihan,” kata Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Heri Haryanto.

(Oyo)

Tinggalkan Balasan