Pipa PDAM Rusak Akibat Longsor di Tajur Bogor

Pipa PDAM Rusak Akibat Longsor di Tajur Bogor

Bogor, LINews – Wali Kota Bogor Bima Arya meninjau jembatan Cibalok di Jalan Raya Tajur, Kota Bogor, Jawa Barat, yang salah satu fondasinya longsor. Dia mengatakan longsor di tebing jembatan dipicu aliran air.

“Longsor di bawah di jembatan Cibalok di Jalan Raya Tajur ini diakibatkan ada semacam air terjun (kucuran air) dan terjadi pengikisan sehingga mengakibatkan fondasi jembatan ini ambrol di bawah. Ini memang faktor alamiah,” kata Bima dalam keterangannya, Sabtu (14/10/2023).

Dia mengatakan pipa air bersih milik PDAM juga terdampak longsor tersebut. Bima mengatakan aliran air ke pelanggan PDAM akan terputus sementara.

“Pipa PDAM juga ada yang terdampak. Ini akan dilakukan pemutusan sementara yang kita harapkan tidak lama tapi akan terdampak untuk warga di daerah Sindangrasa, Muara Tegal, sampai Babadak. Dikerjakan segera, mudah-mudahan tidak lama,” terangnya.

Dia mengatakan pihaknya sedang berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait perbaikan jalan yang menjadi salah satu akses wisatawan menuju kawasan Puncak. Dia memperkirakan perbaikan akan rampung dalam 1 bulan.

“Mudah-mudahan Kementerian PUPR bisa langsung ditangani langsung, sekaligus hilangkan kucuran air supaya tidak ada kikisan lagi, supaya tidak ada pengeroposan lagi. Mungkin memakan waktu sekitar 1 bulan,” jelasnya.

Sebelumnya, jembatan Sungai Cibalok di Jalan Raya Tajur, Kota Bogor, Jawa Barat, longsor pada Jumat (13/10) sore. Longsor mengakibatkan arus lalu lintas di sekitar lokasi longsor mengalami kemacetan parah. Longsor itu mengakibatkan rongga besar di sisi kanan jembatan.

Jalan Raya Tajur merupakan salah satu akses nontol bagi wisatawan menuju Puncak, Bogor dan kawasan Sukabumi via Simpang Ciawi. Untuk mengantisipasi kemacetan dan kerusakan jembatan semakin parah, polisi melakukan rekayasa lalu lintas dan menyarankan kendaraan besar melalui Tol Jagorawi.

(Red)

Tinggalkan Balasan