Pj Walikota Hadiri Sidang Istemewa Penyampaian Laporan Tahunan di Pengadilan Tinggi Medan

Pj Walikota Hadiri Sidang Istemewa Penyampaian Laporan Tahunan di Pengadilan Tinggi Medan

Padangsidimpuan, LINews – Pj Walikota Padangsidimpuan H. Dr Letnan Dalimunthe SKM, M.Kes menghadiri Sidang Istimewa Penyampaian Laporan Tahunan di Pengadilan Tinggi Medan Tahun 2023, bertempat di Lotus Grand Ballroom Hotel Grand Mercury Medan Kamis (7/3/2024).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Medan H. Dr, Drs Panusunan Harahap SH, MH dengan agenda tunggal penyampaian Laporan Tahunan Pengadilan Tinggi Medan Tahun 2023 yang diikuti oleh Hakim Tinggi, Hakim Ad Hoc dan Hakim Yustisial, para Pejabat Struktural dan Fungsional Pengadilan Tinggi Medan, Para Ketua Pengadilan Negeri Se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Medan.

Dalam Pidatonya, H. Panusunan Harahap menyampaikan bahwa Tahun 2023 ini adalah Tahun terakhir untuk menyampaikan Laporan Tahunan Pengadilan Tinggi Medan karena masa jabatannya akan berakhir pada bulan November 2024.

H. Panusunan Harahap juga memaparkan tentang gambaran penanganan perkara secara umum pada Pengadilan Tinggi Medan dan Pengadilan Negeri yang berada di bawahnya. Beban Perkara pada Pengadilan Tinggi Medan Tahun 2023 sebanyak 2.970 Perkara. Dari jumlah tersebut Perkara yang telah diputus sebanyak 2.771 Perkara dengan rasio Produktivitas 93,3 persen.

Selain itu, H. Panusunan Harahap juga memberikan gambaran tentang penanganan Perkara secara umum dan kinerja penanganan Perkara melalui Sistem Peradilan Elektronik (e-court) berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung (MA) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Elektronik Mahkamah Agung yang telah diluncurkan melalui e-court dan telah di Implementasikan pada wilayah hukum Pengadilan Tinggi Medan dengan jumlah pengguna terdaftar atau advokat sebanyak 4.371 akun dan pengguna lainnya sebanyak 10.825 akun.

Pada acara tersebut, Pengadilan Negeri Padangsidimpuan juga mendapat penghargaan sebagai Pengadilan Negeri Inovatif terbaik I Se-wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Medan Tahun 2024.

Di tempat yang sama di waktu yang berbeda, Walikota H. Dr Letnan Dalimunthe SKM, MKes memberikan apresiasi atas capaian yang telah diraih, dan berharap dapat mewujudkan Pengadilan Tinggi Medan yang Agung sesuai dengan visi Kejaksaan Tinggi Medan.

Pada kegiatan tersebut, selain Pj Walikota Padangsidimpuan tampak hadir juga Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan SH, SIK, MH, Ketua Pengadilan Negeri Padangsidimpuan Silvianingsih SH, MH beserta jajarannya.

(Hotmatua)

Tinggalkan Balasan