Polda Metro-TNI Dalami Mobil Sport Pakai Pelat RFD Bodong

Polda Metro-TNI Dalami Mobil Sport Pakai Pelat RFD Bodong

Jakarta, LINews – Pihak berwajib bakal menelusuri penggunaan pelat nomor khusus RFD di mobil sport yang fotonya beredar viral di media sosial.

Menjadi pertanyaan lantaran plat nomor biasanya tidak dipakai di mobil sport melainkan kendaraan dinas. Diketahui, pelat RFD juga biasa dipakai di kendaraan dinas TNI AD.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen Hamim Tohari menyampaikan pihaknya masih mendalami soal pelat nomor tersebut.

“Ini yang masih dalam proses kami cek tadi, karena sekarang ini kan untuk penentuan pelat nomor RF itu semuanya ada pada Ditlantas Polda Metro Jaya,” kata Hamim saat dihubungi, Jumat (4/11).

Baca Juga: Viral Pelat RFD di Mobil Sport

Hamim menyampaikan pihaknya belum bisa memastikan apakah pelat tersebut benar merupakan milik anggota TNI AD aktif atau purnawirawan.

Hamim pun meminta agar penjelasan rinci terkait pelat itu ditanyakan ke Ditlantas Polda Metro Jaya selaku pihak yang berwenang mengeluarkan pelat nomor khusus.

“Yang pelat nomor RF itu keluarnya dari Polda Metro, sehingga data pengguna yang lengkap ada di Polda Metro Jaya, kan pelat nomor ada RFP, RFS macam-macam kan, nah kewenangan pengeluaran pelat nomor itu ada di Ditlantas Polda Metro Jaya,” tuturnya.

Terpisah, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jhoni Eka Putra belum memberikan penjelasan terkait pelat tersebut. Ia menyebut akan melakukan pengecekan terlebih dulu.

“Kalau itu harus di cek dulu di samsat nanti, apakah itu sudah sesuai dengan ketentuannya atau enggak itu dari datanya harus dicek dulu,” ucap Jhoni.

(Jhon)