Polres Tasikmalaya Kota Siagakan Mobil Derek dan Bengkel Darurat di Pos Terpadu Gentong

Tasikmalaya, LINews –  Mengantisipasi terjadinya kepadatan arus mudik  akibat adanya kendaraan mogok, Polres Tasikmalaya Kota menyiagakan mobil derek di Pos Terpadu Letter U Gentong.

Jalur Gentong Tasikmalaya merupakan jalur Selatan Jawa Barat yang menjadi jalur favorit para pemudik yang hendak menuju wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Kontur jalan yang banyak tikungan, tanjakan maupun turunan, mengharuskan para pengguna jalan atau pemudik untuk ekstra hati-hati saat melintasi jalur Gentong.

Di samping itu, dengan kondisi cuaca di mana hujan kerap turun mengguyur wilayah Tasikmalaya terutama daerah Gentong, membuat jalur ini cukup licin.

“Karena jalur Gentong ini medannya banyak tikungan dan tanjakan, pera pengguna jalan harus lebih berhati-hati,” ujar Kapolres Tasikmalaya Kota, Senin (25/4/2022).

Menurutnya, pihaknya juga menyediakan bengkel darurat dan mobil derek untuk membantu para pemudik yang mengalami kendala pada kendaraannya.

Ada juga alat berat berupa eskavator sebagai antisipasi terjadinya longsor ke badan jalan sehingga dapat mengganggu arus lalin.

“Saya pesan sebelum mudik pastikan kondisi badan dalam keadaan fit dan kendaraan laik jalan. Kalau lelah istirahat dulu di rest area jangan memaksakan berkendara untuk menghindari kecelakaan,” kata dia.

Aszhari menuturkan, pihaknya juga telah membangun puluhan pos untuk mengamankan arus mudik lebaran 2022. Pos dibangun di sepanjang jalur mudik maupun diobjek vital lainnya.

“Ada 2 pos terpadu, 11 pos pengamanan dan 2 pos pelayanan yang kita bangun. Selain itu ada juga 50 pos gatur di sepanjang jalur mudik,” ucapnya.

Ia menambahkan, di pos terpadu Letter U Gentong juga difasilitasi gerai vaksinasi presisi untuk para pemudik yang belum divaksin lengkap dan booster.

“Kita siapkan seluruh tim dari polres, kodim, satpol pp, dishub, dinkes dan instansi lainnya di pos terpadu ini untuk mengamankan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat selama mudik dan balik lebaran 2022,” tandasnya. (M.Rahmat)