Prabowo akan Lanjutkan Program Jokowi

Prabowo akan Lanjutkan Program Jokowi

Jakarta, LINews – Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto berjanji akan menyelesaikan masalah hak asasi manusia (HAM) dan konflik di Papua. Prabowo bertekad akan melanjutkan pembangunan yang sudah berjalan di Papua pada periode pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mulanya, moderator menyampaikan pertanyaan kepada Prabowo dalam debat perdana Pilpres 2024. Berikut pertanyaannya.

“Apa strategi yang Anda akan siapkan untuk menyelesaikan masalah HAM dan konflik di Papua secara komprehensif?” tanya moderator Valerina Daniel di Gedung KPU, Menteng, Jakpus, Selasa (12/12/2023).

Diketahui, tema debat perdana ini yakni pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Lalu, Prabowo menjawab. Pertama, Prabowo akan menegakkan hukum dan memperkuat aparat di Papua. Selain itu, Prabowo juga menyebut akan mempercepat pembangunan ekonomi di Papua.

“Jadi rencana saya pertama adalah tentunya menegakkan hukum, memperkuat aparat-aparat di situ, dan juga mempercepat pembangunan ekonomi,” kata Prabowo.

Prabowo menyatakan Presiden Jokowi adalah presiden paling banyak mengunjungi Papua. Prabowo menyebut Jokowi sudah 19 kali ke Papua.

“Presiden Joko Widodo adalah Presiden di Republik Indonesia yang paling banyak ke Papua. Paling banyak ke Papua,” kata Prabowo.

“Kalau tidak salah sampai hari ini beliau sudah lebih dari 19 kali ke Papua,” sambungnya.

Prabowo mengakui masalah HAM adalah aspek yang harus diutamakan. Namun Jokowi pada periode pemerintahannya sudah membuktikan perwujudan peningkatan pertumbuhan ekonomi di Papua.

“Dan peningkatan pertumbuhan ekonomi di bawah pemerintahan Pak Jokowi yang paling pesat, yang paling tinggi selama sejarah Republik Indonesia,” kata Prabowo.

Menteri Pertahanan ini menyatakan akan melanjutkan pembangunan di Papua yang sudah dimulai pada periode pemerintahan Jokowi. Prabowo berjanji akan mewujudkan kemajuan ekonomi, pelayanan sosial, dan jaminan keamanan untuk masyarakat Papua dari ancaman separatis-teroris.

“Jadi yang saya katakan saya akan lanjutkan, kita harus membawa kemajuan ekonomi sosial, service yang terbaik untuk rakyat Papua, melindungi rakyat Papua dari keganasan para separatis dan teroris dan menjamin penegakan HAM,” ungkapnya.

(Bayu)

Tinggalkan Balasan