Prabowo Negarawan, Tekankan Pentingnya Dialog

Prabowo Negarawan, Tekankan Pentingnya Dialog

Jakarta, LINews – Anies Baswedan membuka peluang untuk bertemu dengan presiden terpilih Prabowo Subianto. Sekjen PAN Eddy Soeparno menyebut Prabowo Subianto adalah seorang negarawan yang menekankan pentingnya dialog.

“Sebagai seorang negarawan Pak Prabowo selalu menekankan pentingnya dialog dengan seluruh elemen bangsa, termasuk dengan mereka yang menjadi rivalnya dalam Pilpres 2024 lalu,” kata Eddy dalam keterangannya, Sabtu (22/6/2024).

Menurut Eddy, kenegarawanan Prabowo dibuktikan dengan inisiatifnya untuk melakukan silaturahmi dengan sejumlah pimpinan parpol koalisi rivalnya dalam Pilpres 2024 lalu.

“Membangun komunikasi dan bahkan ‘merangkul’ lawan politik untuk bersama membangun bangsa adalah salah satu kekuatan Pak Prabowo yang mendahulukan keutuhan dan kebersamaan,” katanya.

“Konsep The winner takes all tidak dikenal dalam kamus bernegara beliau. Selalu yang diutamakan adalah Merah Putih,” lanjutnya.

Pimpinan Komisi VII DPRI RI ini menilai, komunikasi Pak Prabowo dengan tokoh-tokoh politik di luar KIM termasuk Anies Baswedan, adalah upaya menyatukan seluruh kekuatan anak bangsa. Hal itu, kata dia, untuk bahu membahu bekerja dan mendahulukan kepentingan masyarakat ketimbang kepentingan kelompok atau golongan.

“Inilah keunggulan karakter Pak Prabowo yakni diplomasi politik yang merefleksikan demokrasi ‘guyub dan teduh’. Demokrasi seperti inilah yang dibutuhkan di Indonesia sebagai upaya merawat persatuan kita,” tutupnya.

Anies sebelumnya buka suara terkait peluang bertemu dengan Prabowo. Dia mengaku terbuka dengan semua untuk berdiskusi.

“Kami bertemu dengan semua. Jadi kami senang sekali bisa berdiskusi dengan semuanya, bisa bertukar pikiran dengan semua,” kata Anies dilansir Antara, Jumat (21/6).

Anies mengatakan dialog dengan semua tokoh diperlukan dalam membangun daerah. Menurutnya, setiap daerah di Indonesia butuh kepemimpinan yang membahagiakan warganya.

“Pada akhirnya kita ingin setiap daerah di seluruh Indonesia nantinya bisa mendapatkan kepemimpinan yang memajukan dan membahagiakan warga,” kata dia.

(Donny)

Tinggalkan Balasan