Presiden Prabowo Tekankan Tak Maksud Militeristik ke Kabinet

Presiden Prabowo Tekankan Tak Maksud Militeristik ke Kabinet

Magelang, LINews – Presiden Prabowo Subianto menegaskan, bahwa agenda Retreat atau pembekalan Kabinet Merah Putih yang berisikan latihan serta pengarahan kepada seluruh jajaran Menteri dan Wakil Menteri di Magelang Jawa Tengah bukan bermaksud militeristik.

Prabowo menekankan, kegiatan tersebut merupakan ‘The Military Way’ yang biasa dilakukan di pemerintahan bahkan di perusahaan-perusahaan guna menyelaraskan kedisiplinan, dan kesetiaan pada bangsa dan negara.

“Saya tidak bermaksud membuat anda militeristik, salah, bukan itu. The military way ditiru oleh banyak pemerintah terutama perusahaan-perusahaan. The military way inti dari semua perusahaan adalah disiplin. Kedua, kesetiaan benar-benar minta saudara tidak setia kepada Prabowo, setia kepada bangsa dan negara Indonesia,” kata Prabowo di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024).

Dalam pengarahan itu, Prabowo menyampaikan sejumlah hal penting yakni di antaranya fokus dan komitmen masing-masing Kementerian dan Lembaga untuk bekerja mengentaskan kemiskinan, Makan Bergizi Gratis, pemberantasan korupsi, swasembada pangan hingga swasembada energi.

“Saya di sini mengangkat sumpah untuk mempertahankan bangsa dan negara, setia kepada bangsa dan negara kita semua,” ujar Prabowo.

Di akhir acara pengarahan, Prabowo bersama dengan jajaran Menteri dan Wakil Menteri juga kompak menutup dengan foto bersama sembari menyemarakkan yel-yel.

“Merah Putih!”, kata Prabowo bersama Menteri dan Wakil Menteri.

Sebelumnya, para menteri, wakil menteri, kepala lembaga hingga utusan khusus Presiden lakukan hari pertama pembekalan dengan olahraga dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024) pagi.

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Bima Arya Sugiarto menyampaikan, seluruh jajaran menteri dan kepala lembaga di Kabinet Merah Putih menjalani kegiatan baris berbaris terlebih dulu.

Bima mengatakan, seluruh jajaran menteri di Kabinet Merah Putih menggunakan seragam Komponen Cadangan (Komcad).

“Ya, pagi olahraga. Lanjut baris berbaris,” kata Bima Arya.

Kemudian Bima Arya berujar, Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka juga ikut dalam kegiatan baris berbaris.

Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka kata Bima Arya, mengikuti seluruh kegiatan pembekalan di Magelang, termasuk olahraga yang dilanjutkan dengan baris-berbaris.

“Presiden dan wapres ikut seluruh kegiatan, okahraga dan barus berbaria, bahkan presiden hadir dilokasi pertama, paling dulu,” ujarnya.

Lantas Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni menambahkan, jika usai berolahraga dan baris berbaris akan dilanjutkan dengan sesi pembekalan.

“Baru saja selesai olahraga dan latihan dasar pelatihan baris berbaris. 6 gerakan dasar saja, yang biasa dilakukan di kementerian bila upacara,” kata Raja Juli.

“Sekarang lagi bersih-bersih, sarapan lalu masuk ke sesi,” imbuhnya.

Adapun momen berolahraga dan baris berbaris terlihat diunggah di Instagram Utusan Khusus Presiden Bidang Pariwisata Zita Anjani dan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Bima Arya Sugiarto.

(Ary)

Tinggalkan Balasan