Presiden Jokowi Kunjungi Pusat Media KTT ASEAN 2023

Presiden Jokowi Kunjungi Pusat Media KTT ASEAN 2023

Labuan Bajo, LINews – Presiden Joko Widodo mengunjungi pusat media KTT ASEAN 2023 di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Selasa siang, 9 Mei 2023.

“Selamat siang semuanya,” kata Jokowi, yang mengenakan baju putih dan celana hitam, serta sepatu sneakers-nya.

Jokowi mengecek dua pusat media dan satu ruang konferensi di Bintang Flores. Ketika ditemui awak media, kepala negara yang didampingi pasukan pengaman kepresidenan enggan memberikan pernyataan namun memberikan senyumannya saat melintas.

Total delapan kepala pemerintahan Asia tenggara pada 10-11 Mei 2023 akan hadir dalam rapat di Labuan Bajo, plus Sekjen ASEAN dan Perdana Menteri Timor Leste – yang keanggotaan bloknya tengah diproses.

KTT ASEAN akan membahas sejumlah isu di bawah keketuaan Indonesia seperti pertumbuhan ekonomi kawasan, penguatan kelembagaan, hingga upaya mengatasi krisis internal seperti di Myanmar.

Sebelum pertemuan para pemimpin, rangkaian rangkaian KTT ASEAN dimulai dengan rapat diplomat senior pada Senin. Pada hari ini, para menteri luar negeri melakukan tiga persamuhan.

Tembak menembak saat tim bantuan kemanusiaan ASEAN (AHA-Centre) menjalankan tugasnya di kotapraja Hsi Hseng, Myanmar pada Minggu, 7 Mei 2023, menjadi ganjalan dalam KTT ini.

Presiden Jokowi menyayangkan serangan terjadi saat rombongan yang terdiri atas Diplomat Indonesia dan Singapura itu mengirim bantuannya. Singapura dan Amerika Serikat juga menyampaikan kecaman atas tembak menembak itu, juga mendorong upaya damai di Myanmar.

Belum ada pihak yang bertanggung jawab dalam serangan Minggu. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan tidak ada informasi baru yang bisa ditambahkan soal pihak terkait dalam tembak menembak di Myanmar.

(Donald)

Tinggalkan Balasan