R. Soeprapto Diabadikan Sebagai Nama Jalan Di Bandung

R. Soeprapto Diabadikan Sebagai Nama Jalan Di Bandung

Bandung, LINews – Upaya Kejaksaan Tinggi Jawa Barat untuk mengenang jasa pahlawan yang juga Jaksa Agung periode pertama R Soeprapto patut diapresiasi. Nama R Soeprapto diabadikan sebagai nama jalan di Kota Bandung.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Prof. Dr. Asep Nana Mulyana didaulat meresmikan nama jalan Jaksa Agung R Soeprapto, di Bandung, Sabtu 19 November 2022. Nama jalan ini yang sebelumnya bernama jalan Jakarta yang bertepatan Kantor Kejaksaan Negeri Bandung beralamat pada jalan ini. R Soeprapto merupakan salah seorang pendiri organisasi Kejaksaan.

Kajati Jabar Asep Nana Mulyana mengatakan bahwa peresmian ini sebagai salah satu perjuangan seluruh insan Adhyaksa di Indonesia untuk memberikan legacy kepada Bapak Jaksa Agung R. Soeprapto sebagai salah satu pahlawan nasional.

Jl. Jaksa Agung R. Suprapto

“Penamaan Jalan Jaksa Agung R Soeprapto disalah satu Kota Bandung ini sesungguhnya merupakan sesuatu yang amatlah layak dan pantas serta wajib diberikan penghargaan dan wajib rasanya untuk dilestarikan dan diabadikan, ”kata Kajati Jabar Asep Nana Mulyana.

Kajati Jabar Asep Nana Mulayan mengingatkan bahwa kegiatan ini tidak hanya sekedar mengabadikan nama R Soeprapto sebagai nama jalan saja namun yang lebih penting dari itu adalah meneruskan perjuangannya dan menyebarluaskan pemikirannya.

Seperti diketahui R. Soeprapto (1896-1964) adalah Jaksa Agung RI pada tahun 1951-1959. Ia dijuluki sebagai Bapak Kejaksaan Republik Indonesia karena jasanya dalam penegakan hukum.

(Red)