Ratusan Monyet Ekor Panjang Masuk Permukiman di Sukabumi

Ratusan Monyet Ekor Panjang Masuk Permukiman di Sukabumi

SUKABUMI, LINews – Ratusan monyet ekor panjang menyerbu permukiman warga di Desa Sukamekar, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Selasa (22/5/2023). Primata tersebut sering turun ke permukiman, bahkan sudah terjadi sejak tahun lalu.

Kepala Desa Sukamekar, Ernalia mengatakan, awalnya gerombolan monyet tersebut hanya menyerbu satu wilayah saja di Kampung Pamoyanan Girang. Kejadian tersebut sudah dilaporkan melalui kecamatan dan sempat ditangani oleh BPBD dan Damkar.

“Waktu itu kondisinya parah, kera itu merusak tanaman-tanaman dan pertanian masyarakat. Sekarang semakin melebar ke RW Pamoyanan Kidul kemudian Cijeruk Kidul sekarang bahkan sudah sampai ke wilayah kantor desa,” ujar Ernalia, Senin (22/5/2023).

Lebih lanjut Ernalia mengatakan, total wilayah yang diserbu monyet ekor panjang tersebut terjadi di 3 RW. Dan masyarakat yang terganggu tanamannya merasa bingung untuk mengusir gerombolan monyet tersebut.

“Tanaman pertanian kayak jagung, umbi-umbian, pepaya dan segala macam buah-buahan yang belum waktunya dipanen, itu sudah habis. Apalagi tanaman seperti alpukat dan buah-buahan mangga yang mudah, itu habis dimakan,” ujar Ernalia.

(Rus)

Tinggalkan Balasan