Resmi Ditutup, Jokowi Serahkan Palu ASEAN ke Laos

Resmi Ditutup, Jokowi Serahkan Palu ASEAN ke Laos

Jakarta, LINews – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN resmi ditutup. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memberikan palu ke untuk Perdana Menteri (PM) Laos Sonexay Siphandone.

Dalam pidatonya Jokowi memberi apresiasi kepada seluruh negara yang hadir. Diketahui KTT ASEAN kali ini diikuti 10 negara ASEAN, minus Myanmar, dan sejumlah negara mitra termasuk Amerika Serikat (AS), China, Rusia, Australia, Selandia Baru, Jepang, Korea Selatan (Korsel), Kanada, Bangladesh hingga India, dan Kepulauan Cook.

“Selama tiga hari ini, 12 pertemuan KTT telah diselenggarakan dan menghasilkan 90 outcome dokumen dan sejumlah kesepakatan-kesepakatan konkret dengan mitra,” kata Jokowi dalam pidato penutupan.

“Selama pertemuan saya menangkap optimisme dan energi yang positif dari seluruh yang hadir,” tambahnya.

Jokowi pun berharap ASEAN ke depan menjadi kawasan yang damai dan inklusif. Karena, tegas Jokowi, hal tersebut akan mengantar ASEAN dan dunia lebih baik.

“Mari kita kukuhkan kawasan Indo-Pasifik sebagai teater perdamaian dan inklusivitas. Ini adalah fondasi kunci yang akan mengantarkan ASEAN ke masa depan lebih baik untuk rakyat dan untuk dunia. Inilah esensi yg dibangun keketuaan Indonesia menjadikan ASEAN Matters sebagai Epicentrum of Growth,” tambahnya.

“Untuk itu kita harus bahu-membahu menavigasi tantangan menjadi peluang, menavigasi rivalitas menjadi kolaborasi, menavigasi eksklusivitas menjadi inklusivitas dan menavigasi perbedaan menjadi persatuan. Kita harus menjadi nahkoda di kapal kita sendiri dan ini saatnya tongkat keketuaan diserahkan ke Laos,” pungkas Jokowi.

(Remond/Fanny)

Tinggalkan Balasan