RI Berhasil Jaga Stabilitas di Tengah Krisis

RI Berhasil Jaga Stabilitas di Tengah Krisis

Jakarta, LINews – Dalam pidatonya di upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung keberhasilan Indonesia melewati krisis yang melanda dunia. Dia menyebut, Indonesia bisa menjaga stabilitas dalam berbagai sektor karena Pancasila menjadi fondasi.

“Alhamdulillah di tengah krisis yang melanda dunia, Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonominya, menjaga stabilitas sosial dan politiknya, inflasi terkendali, investasi tumbuh dan lapangan kerja bisa bertambah,” kata Jokowi di sisi Selatan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2023).

Jokowi menyebut stabilitas dapat dijaga karena persatuan hingga gotong royong seluruh pihak. Nilai-nilai tersebut landasannya Pancasila yang diwariskan Presiden Sukarno.

“Ini adalah sumbangsih anak bangsa, berkat persatuan, berkat kerja keras dan gotong royong, bangsa ini berhasil menghadapi tantangan dan semakin dipercaya dunia. Semua itu fondasinya adalah ideologi Pancasila yang diwariskan Presiden Pertama RI Sukarno,” jelasnya.

Jokowi berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tetap memegang teguh ideologi Pancasila demi kemajuan bangsa Indonesia. Pembangunan Indonesia, kata Jokowi, harus tetap berlanjut di semua lini.

“Ideologi yang harus terus kita pegang teguh untuk memperkokoh kemajuan bangsa. Saat ini kita masih terus berjuang untuk menghadirkan pembangunan yang adil dan merata, ini butuh kesinambungan dan keberlanjutan, personel dalam pemerintah bisa berganti, tapi perjuangan tak boleh berhenti,” kata dia.

“Keadilan, pemerataan, dan kesejahteraan adalah yang ingin kita wujudkan melalui reformasi struktural, meningkatkan kualitas SDM, hilirisasi industri dan pembangunan Ibu Kota Nusantara,” imbuhnya.

(Robi)

Tinggalkan Balasan