Rombongan Wamen Tiba di Bandara Adisutjipto, Diantar ke Akmil Naik Bus

Rombongan Wamen Tiba di Bandara Adisutjipto, Diantar ke Akmil Naik Bus

Sleman, LINews – Presiden Prabowo Subianto mengumpulkan jajaran kabinetnya di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, hari ini. Prabowo akan melakukan pembekalan lanjutan kepada para menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih selama tiga hari.

Rombongan pertama retret Kabinet Merah Putih telah tiba di Bandara Adisutjipto, Sleman. Mereka turun dari pesawat dan langsung diantar ke lokasi retret di Akademi Militer (Akmil) Magelang menggunakan bus.

Pantauan LINews, rombongan pertama tiba di Bandara Adisutjipto adalah para wakil menteri (wamen). Mereka tiba sekitar pukul 14.10 WIB.

Nampak Wamendagri Bima Arya, Wamendagri Ribka Haluk, Wamen Kebudayaan Giring Ganesha, Wamenko Hukum Ham, Imigrasi, dan Pemasyarakatan Otto Hasibuan, Wamenlu Anis Matta, Wamen Hukum Eddy Hiariej beserta wamen lainnya.

Rombongan ini pun kemudian berangkat lebih dulu diantar menggunakan bus pariwisata dengan pelat VIP. Di depan bus itu juga tertulis ‘Kegiatan Retret Kabinet Merah Putih 24-27 Oktober.

“Ya senang kita bisa dikumpulkan pak presiden di sini kalau kita bisa kumpul bayangkan saja dalam sebuah kementerian kalau tidak saling kenal kita susah untuk saling kerja sama, jadi ini adalah simbol kerja sama yang baik antara tim,” kata Otto kepada wartawan, Kamis (24/10/2024).

Tak berselang lama, hadir juga Utusan Khusus Presiden Gus Miftah yang hadir terpisah dari rombongan para wamen.

“Ini kan retret, pembekalan saja. Keakraban saja sama teman-teman kabinet,” ujar Gus Miftah kepada wartawan, Kamis (24/10/2024).

Selang 30 menit, rombongan menteri ini tiba. Nampak Menko Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan Yusril Ihza Mahendra masuk ke bus lebih dulu.

Disusul menteri lainnya seperti Menko PMK Pratikno, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Infrastruktur dan Pembangunan Wilayah Agus Harumurti Yudhoyono (AHY), Menpora Dito Ariotedjo, Menteri Perumahan Maruarar Sirait.

Nampak juga Utusan Khusus Presiden seperti Raffi Ahmad, kemudian staf khusus presiden Yovie Widianto. Kepada wartawan, Pratikno bilang siap mengikuti semua acara yang disiapkan.

“Kita ngikuti acara yang sudah disiapkan. Yang jelas saya terima kasih happy landing di Jogja, sudah lama nggak di Jogja,” kata Pratikno kepada wartawan.

Sementara itu, AHY bilang retret di Akmil baginya seperti nostalgia.

“Kita dengan suka cita menuju Akmil Magelang. Kalau bagi saya ini nostalgia karena saya dulu juga ditempa di sana dan saya rasa akan menyenangkan dengan seluruh jajaran Kabinet Merah Putih,” kata AHY.

Dia mengatakan kegiatan selama di Akmil berupa pembekalan dan lain sebagainya. AHY menilai retret ini akan membuat kabinet makin kompak.

“Ya ada pembekalan tentunya, ya membuat kita saling membuat mengenal satu sama lain, makin kompak,” ucapnya sambil berlalu menuju bus.

Sebelumnya, Kepala Presidential Communication Office (PCO) Hasan Nasbi menyebutkan kegiatan pembekalan yang diikuti jajaran Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang hari ini merupakan bentuk kebersamaan. Ia menegaskan kegiatan ini bukan ospek atau militerisme.

“Tadi Bapak Presiden juga menyampaikan bahwa besok akan ada kegiatan di Magelang untuk menggembleng para menteri. Tapi beliau bilang tidak usah takut, ini bukan ospek atau militerisme. Ini untuk kebersamaan, keguyuban, untuk melakukan team building dan untuk melakukan koordinasi-koordinasi antarkementerian dan lembaga,” kata Hasan kepada wartawan di Kantor Presiden, Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10).

Hasan mengungkap alasan pembekalan digelar di Magelang karena bentuk perjuangan. Menurutnya, kawasan Akmil Magelang itu simbol heroisme.

“Kenapa dilaksanakan di Magelang? Karena ini juga salah satu simbol perjuangan, simbol heroisme di sana. Dan ini memang kita harus patriotik, oleh karena itu memang Kabinetnya dinamakan sebagai Kabinet Merah Putih. Karena patriotisme harus menjadi inti dari perjuangan kabinet ini. Mungkin itu yang bisa kami sampaikan, saya rasa cukup,” ujarnya.

(Wan)

Tinggalkan Balasan