Saber Pungli Bidik Calo PPDB Jabar

Bandung, LINews – Satgas Saber Pungli ikut mengawasi proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jabar 2022. Petugas mengawasi potensi terjadinya kecurangan dalam proses tersebut.

“Saber Pungli mengawasi dan melayani laporan dumas (pengaduan masyarakat),” ucap Humas Satgas Saber Pungli Jabar Yudi Ahadiat, Jumat (24/6/2022).

Salah satu bentuk pengawasan dan pencegahan dilakukan dengan memasang spanduk di tiap-tiap sekolah di Jabar. Dalam spanduk yang tertera, Satgas Saber Pungli mengultimatum agar oknum tak main-main dalam proses PPDB tersebut.

“Minimal yang mau nitip dan jadi calo, membaca spanduk itu dan kepala sekolah dan masyarakat bisa langsung menelepon,” kata Yudi.

Saber Pungli telah menggelar pertemuan dengan para kepala sekolah di Jabar. Pihaknya melakukan sosialisasi dan meminta agar kepala sekolah tak takut melapor bila terjadi kecurangan.

“Menyongsong PPDB tahun ini, kan sudah banyak calo-calo, kita salah satu kegiatannya mengumpulkan kepala sekolah, memberikan informasi jangan main-main dengan PPDB,” tutur dia.

Dalam pelaksanaannya nanti, menurut Yudi, kepala sekolah bisa langsung melaporkan langsung ke Satgas Saber Pungli untuk ditindak. Begitu juga masyarakat umum bisa melapor dengan menghubungi beragam komunikasi yang sudah tertera dalam spanduk di tiap sekolah.

“Laporkan saja, kita lindungi pelapornya,” ujar Yudi menegaskan. (Arus)