Sambut Ramadhan, Ratusan Warga Gunung Salem Mancing Geratis Bersama H. Rae Suryana

Sambut Ramadhan, Ratusan Warga Gunung Salem Mancing Geratis Bersama H. Rae Suryana

Tasikmalaya, LINews – Menyambut Bulan Suci Ramadhan H.Rae Suryana warga Gunung Salem mengadakan Mancing dan acara ini baru pertama kali di gelar di tahun 2014 , dan kami berharap semoga acara ini bisa berjalan dengan lancar dan kami juga banyak berterimakasih kepada pihak warga Gunung Salem yang ikut membantu jalanya acara ini dan kami sangat senang karena dalam kegiatan ini di sambut antusias oleh masyarakat luas baik dari dalam wilayah maupun diluar wilayah Gunung Salem ,” katanya.

Mancing dan Ngobeng ikan balong (kolam) sudah menjadi tradisi di banyak daerah Tatar Sunda, termasuk di Gunung Salem ,kec Purbaratu Kota Tasikmalaya Jawa Barat.

“Acara mancing atau ngobeng di laksanakan sejak tahun 2014 dan saya rutin melaksanakanya untuk menyambut bulan suci ramadhan atau saur pertama ,biasa nya suka ada panggung dan doorprez menarik lainya ,di karenakan ini dadakan karena saya sakit tetapi untuk hadiah doorprez tetapa ada,walau pun tidak semeriah tahun lalu,dan ikan mas yang di taburkan ke kolam ada satu kuintal, belom lagi yang sudah ada di kolam” Jelas Rae, Minggu (3/3).

 

Mancing yang diikuti oleh ratusan warga Gunung Salem itu untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 H, Tak peduli pekatnya air kolam, mereka adu ketangkasan menangkap ikan.

Tangan warga itu meraba-raba berharap ikan yang mulai kelimpungan mendekat.Suasana riuh, kerap terdengar canda tawa. Ketika ada pemberitahuan ada door frize saat alungan pertama dapat ikan mas atupun lele , sorak sorai warga pecah, turun ke kolam untuk bersama-sama warga menangkap ikan.

“Ini merupakan salah satu tradisi warga untuk menangkap ikan bersama-sama. Ini juga merupakan bagian rekreasi dan masyarakat bisa riang gembira. Kemudian, kan yang paling utama ini mau menyambut bulan suci Ramadhan,” kata Rae kepada wartawan di lokasi, minggu (03/03/2024).

Sementara itu, salah satu warga Gunung Salem Mustopa mengaku senang dengan mendapat juara pertama dapat ikan lele berupa Doo Frize berupa Uang Rp 50.000 rupiah.

“terima kasih pak haji atas hadiah yang saya dapat semoga pak haji panjang umur ,banyak rejeki ,dan sehat selalu”papar mustopa.

“Alhamdulillah sudah dapat 20 ikan, ada ikan mas dan ikan nila. Jadi ajang silaturahmi juga ke warga sekitar sebelum memasuki bulan puasa,” Lanjut Mustopa.

 

M.Rahmat

Tinggalkan Balasan