SBY Akan Nonton Debat Capres Nanti Malam

SBY Akan Nonton Debat Capres Nanti Malam

Jakarta, LINews – Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap pelaksanaan debat capres-cawapres nanti malam berkualitas dan berjalan baik. SBY berharap pertanyaan fokus pada tugas dan fungsi capres dan cawapres 2024.

“(Harapan dengan debat) saya juga akan nonton nanti malam. Mudah-mudahan pertanyaannya fokus,” kata SBY kepada wartawan usai menghadiri pertemuan dengan kader Partai Demokrat di Atria Hotel Magelang, Selasa (12/12/2023).

“Begini, saya sering mengkritik ya penyelenggara debat itu. Jangan menanyakan sesuatu kepada capres dan cawapres yang itu tidak menjadi tugas dan fungsi seorang presiden dan wakil presiden. Saya 10 tahun jadi presiden, saya pernah jadi capres 2 kali. Tolong tanyakan hal-hal yang menyangkut kebijakan pemerintah, keputusan pemerintah, tindakan pemerintah. Kalau debatnya seperti itu baru berkualitas,” lanjutnya.

SBY akan menonton debat dari Magelang, berharap para capres-cawapres sudah menyiapkan diri untuk pertanyaan yang akan ditanyakan. Lebih lanjut, SBY juga mengungkapkan pandangannya ketika memilih presiden.

Menurut SBY, calon presiden yang memiliki banyak janji di awal malah berpeluang tak menepatinya. Sehingga, ia lebih memilih presiden yang memiliki tujuan yang jelas dan realistis.

“Kalau bapak terpilih menjadi presiden, apa yang hendak dilakukan, harus gamblang, rakyat mengerti. Itu bisa dilaksanakan, jangan terlalu muluk-muluk. Saya punya pandangan makin banyak berjanji makin banyak yang tidak bisa ditepati. Nah itulah harapan kita nanti malam debatnya berkualitas. Kemudian, pertanyaannya bagus. Jawaban capres-cawapres harapan saya bagus. Harapan saya itu, sebagai seorang yang pernah menjadi capres dan juga presiden,” jelas SBY.

(Ary)

Tinggalkan Balasan