Siswa SDN 3 Bantul Terpaksa Belajar di Parkiran

Siswa SDN 3 Bantul Terpaksa Belajar di Parkiran

Bantul, LINews – Sebanyak 52 siswa kelas 1 di SDN 3 Bantul terpaksa harus mengikuti kegiatan belajar di area parkir sekolah. Hal ini lantaran atap ruang kelas rusak karena termakan usia.

Kepala sekolah SDN 3 Bantul, Sumaryatun mengatakan, kondisi belajar mengajar di area parkir sudah berlangsung sejak awal November 2022 lalu. Pihak sekolah harus memindahkan sebagian siswa belajar di area parkir untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kondisi kelas yang rusak itu memang dilihat dari luar kelihatan utuh, tetapi terutama (kerusakan) di bagian atap,” ujarnya saat ditemui, Sabtu (12/11/2022).

Sumaryatun menyebut ada dua ruangan kelas yang kondisinya rusak pada bagian atap. Kerusakan disebabkan bangunan yang sudah berusia hampir 26 tahun.

Karena khawatir akan roboh dan membahayakan anak didik, pihak sekolah memutuskan untuk sementara waktu kegiatan belajar mengajar dialihkan ke tempat lain.

Dia mengatakan sebetulnya kerusakan itu sudah disadari sejak tahun 2019 lalu. Kemudian hasil rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Bantul menyarankan untuk membuat ruangan darurat.

“Sebetulnya rusaknya itu sudah lama, bahkan dari kepala sekolah yang lama itu sudah kasih informasi. Kemudian saya koordinasi ke dinas dan mereka juga ngomong untuk dikosongkan sementara waktu,” ujarnya.

(Wandi)