Suasana Jelang Upacara HUT ke-79 RI Perdana di Istana Negara IKN

Suasana Jelang Upacara HUT ke-79 RI Perdana di Istana Negara IKN

Nusantara, LINews – Upacara HUT RI 17 Agustus pertama kali digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sejumlah persiapan telah dilakukan di lokasi menjelang acara dimulai.

Pantauan LINews di IKN,  berbagai ornamen telah siap terpasang. Lokasi upacara terletak di depan Istana Negara.

Di bagian tengah, terdapat kursi emas dilengkapi karpet merah untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemimpin upacara. Di sisi kanan kiri Jokowi, juga terdapat kursi yang digunakan untuk para menteri hingga pejabat negara.

Sementara di bagian kanan kiri Istana Negara terlihat kursi yang telah terpasang diperuntukkan untuk tamu undangan

Sejumlah petugas keamanan berjaga di beberapa titik lokasi. Tamu undangan yang akan masuk diperiksa dengan ketat melewati paspampres.

Setiap tamu akan diberikan id khusus. Mereka juga akan melewati metal detector dan pemeriksaan tubuh.

Setelah itu, tamu undangan akan diarahkan menempati tempat duduk berdasarkan nomor yang tertera di id card. Sejumlah tamu juga tampak bersawafoto dengan latar belakang Istana Negara dan Istana Garuda.

Rangkaian acara 17 Agustus 2024 di IKN sudah dimulai pukul 00.00 WITA dengan Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN. Agenda berlanjut pada pukul 09.15 WITA untuk Pertunjukan Kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

Kemudian, akan ada Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Salinan Teks Proklamasi di Istana Negara IKN Pukul 10.15 WITA sebelum pada pukul 11.00 WITA Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Istana Negara IKN dimulai.

(Vhe)

Tinggalkan Balasan