Tim Evaluasi Desa Binaan Provsu Kunjungi Desa Sorimanaon

Tim Evaluasi Desa Binaan Provsu Kunjungi Desa Sorimanaon

Tapsel, LINews – Tim evaluasi desa binaan Provinsi Sumatera Utara (Provinsi Sumut) kunjungi Kabupaten Tapanuli Selatan (Kab Tapsel) untuk melakukan penilaian terhadap Desa Sorimanaon, Kecamatan Angkola Muara Tais, Rabu (29/5).

Melalui thema “Wujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa dan Kelurahan yang Berkualitas”. Desa Sorimanaon, Kecamatan Angkola Muara Tais maju mewakili Kab Tapsel pada Lomba desa binaan tingkat Provinsi Sumut.

Melalui Zoom Meeting, Bupati Kab Tapsel Dolly Putra Parlindungan Pasaribu S.Pt,MM menyampaikan optimis bahwa Desa Sorimanaon mampu meraih juara dalam ajang bergengsi tingkat Provinsi Sumut.

Keyakinan orang nomor satu di Kab Tapsel ini didasari dari berbagai kemajuan, prestasi dan inovasi yang telah dicapai oleh Desa Sorimanaon dalam beberapa tahun terakhir.

“Pihak desa melakukan inovasi terkait internet desa karena saya pikir internet itu adalah suatu hal yang sangat diperlukan untuk mencari informasi tentang peluang kegiatan yang ada di Desa Sorimanaon,” ucap Dolly.

Tentunya kita minta kepada anak muda agar ikut berpartisipasi tentang penggunaan teknologi yang saat ini lebih akrab pada anak muda terutama anak muda Kab Tapsel sehingga dapat mendorong kemajuan desa,” ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa Desa Sorimanaon sudah semakin akrab dengan teknologi tentang pelayanan administrasi desa karena tidak perlu lagi datang ke kantor desa namun sudah dapat di akses melalui gawai. Bagi saya itu sangatlah menarik karena Desa Sorimanaon sudah terhubung dengan media internet sehingga masyarakat dapat lebih ringkas dan efektif karena aplikasi desa betul-betul dapat memudahkan masyarakat,” ungkapnya.

“Ini perlu di tiru oleh desa lain karena kita sudah terkoneksi dengan internet untuk memberikan kemudahan bagi warga desa agar lebih efektif dan efisien dalam melakukan aktivitas tentang kebutuhan administrasi pelayanan desa terutama di Desa Sorimaoan,” ujarnya.

Bupati juga berharap penilaian ini bukan menjadi akhir namun menjadi motivasi bagi Kepala Desa (Kades) dan PPK agar dapat lebih muda dalam membangun desa.

“Dalam hal ini kami memberikan motivasi kepada Desa Sorimanaon dengan menambahkan ADD untuk desa dalam membangun desa sebagaimana yang diharapkan untuk memotivasi desa lain agar dapat lebih maju dan sejahtera lagi dibandingkan dengan sebelumnya,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Desa Binaan yang merupakan Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) Provinsi Sumut, Putra Landri mengatakan bahwa penilaian lomba Desa dan Kelurahan adalah untuk menekan kemajuan di bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Kelurahan.

“Penyelenggaraan pemerintahan dijadikan prioritas dan komitmen dalam upaya untuk menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat. Adapun maksud dari penilaian Desa dan Kelurahan ini adalah untuk menentukan pencapaian dari hasil evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan untuk mengetahui efektivitas dan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

Hasil evaluasi ini adalah sebagai dasar untuk memformulasikan berbagai program pembangunan di masa yang akan datang terhadap penilaian Desa dan Kelurahan yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Adapun penghargaan yang diberikan pada lomba Desa Binaan tingkat Provinsi Sumut tahun 2024 berupa tropi, dan uang pembinaan agar nantinya Desa dan Kelurahan tersebut akan dapat diikutsertakan pada lomba di tingkat regional,” jelasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Sekda Kab Tapsel, Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, Ketua TP-PKK Kab Tapsel, Camat, Ketua TP-PKK Kecamatan, Forkopimcam, dan Kades Sorimanaon serta PKK Desa Sorimanaon.

(Hotmatua)

Tinggalkan Balasan