Tingkatkan Penerapan SPBE, Pemkot Lakukan Rapat Evaluasi SPBE 2024

Tingkatkan Penerapan SPBE, Pemkot Lakukan Rapat Evaluasi SPBE 2024

Padangsidimpuan, LINews – Dalam rangka meningkatkan penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Kota (Pemkot) Padangsidimpuan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan rapat penilaian evaluasi penerapan SPBE tahun 2024, Selasa (30/04).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padangsidimpuan, Nurcahyo B Susetyo ST mengatakan bahwa pihaknya berencana melakukan beberapa upaya dalam peningkatan SPBE di tahun 2024.

“Nantinya kami akan melakukan penerapan dan percepatan yang terarah dengan beberapa tahapan yang diperkuat dengan Peraturan Walikota pada aspek kebijakan Internal,” ucapnya.

Lebih lanjut Nurcahyo menerangkan, pada tahun 2023 Indeks SPBE Kota Padangsidimpuan berada pada kategori cukup atau sebesar 2, 49 poin, dan diharapkan nilai tersebut masih bisa naik pada tahun 2024.

“Secara prinsip, dengan adanya implementasi kebijakan internal, tata kelola, manajemen dan layanan SPBE tentu akan mendorong peningkatan penerapan SPBE di Pemerintah Kota Padangsidimpuan,” tuturnya.

Oleh karena itu, ia berupaya melakukan koordinasi dengan seluruh OPD di lingkungan Pemkot Padangsidimpuan agar di tahun 2024 SPBE dapat meningkat.

“Dengan berjalannya SPBE yang masif, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik, sistem keamanan dan persandian pemerintahan serta komunikasi dan informasi publik pemerintah kepada masyarakat terkait kinerja yang telah dilakukan,” pungkasnya.

Selanjutnya, Plt Sekdako Padangsidimpuan Roni Gunawan Rambe dalam arahannya meminta penjelasan kepada tiap-tiap OPD terkait tentang capaian di tahun lalu dan apa saja yang telah dikerjakan di tahun ini untuk peningkatan penilaian tersebut.

“Saya ingin tiap-tiap OPD menjelaskan dan memaparkan indikator-indikator yang telah dilaksanakan untuk penilaian SPBE ini,” tegasnya.

Kemudian, Sekretaris Badan Pendapatan dan Keuangan Asset Daerah Kota Padangsidimpuan Pawitno menjelaskan bahwa Bakeuda (Badan Keuangan Daerah) Kota Padangsidimpuan siap untuk meningkatkan pelayanan SPBE.

“Point-point yang disampaikan dalam rapat ini kami akan siapkan untuk meningkatkan penilaian SPBE Kota Padangsidimpuan 2024,” tutupnya.

Hadir dalam rapat tersebut antara lain Asisten Administrasi Umum, Kabag Hukum, Kaban BKD, Kabag PBJ, Kabag Organisasi, dan Kadis Ketapang serta lainnya.

(Hotmatua)

Tinggalkan Balasan