TNI AL Pecahkan Rekor MURI Water Trappen pada HUT ke-77 TNI

TNI AL Pecahkan Rekor MURI Water Trappen pada HUT ke-77 TNI

Jakarta, LINews – TNI AL menggelar aksi yang dicatat sebagai pemecahan rekor MURI dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 TNI. Aksi yang ditampilkan yakni Water Trappen di 77 lokasi seluruh Indonesia.

Peserta berasal dari TNI dan Polri serta masyarakat sipil. Mayoritas peserta adalah prajurit TNI AL. Tercatat 8.877 peserta ikut dalam kegiatan ini.

Para peserta melakukan Water Trappen selama 30 menit tanpa jeda. Para peserta melakukan Water Trappen di laut, dengan formasi HUT ke-77 TNI, bernuansa Merah Putih.

Water Trappen merupakan teknik mengapung di air tanpa berpindah tempat. Teknik ini dapat dilakukan dengan posisi tubuh tegak lurus dalam air dan hanya menggerakkan bagian kaki seperti kaki katak.

Fungsi dari teknik ini adalah untuk menghemat tenaga dan mengurangi keluarnya keringat yang dapat memicu dehidrasi. Pada saat bertahan hidup di laut teknik ini sangat bermanfaat untuk mempertahan diri sampai bantuan datang untuk menolong ketika terjadi kecelakaan di laut.

Water Trappen TNI AL (Foto: Ist)

Kegiatan ini dipusatkan di Satrol Lantamal III di Pantai Mutiara Pluit Jakarta Utara dipimpin langsung Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto.

“Kemampuan Water Trappen merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh prajurit. Dan kegiatan ini sebagai upaya untuk mendukung untuk mewujudkan kejayaan maritim dengan melakukan kegiatan di laut,” kata Widodo.

MURI diwakili Direktur Marketing MURI Awan Rahargo menyerahkan langsung Piagam Muri kepada Dankormar di Pantai Mutiara Pluit Jakarta Utara.

“Ini kami catat sebagai hal yang superlatif, kegiatan water trappen yang terbanyak peserta dan terbanyak lokasinya di dunia, dan yang pertama ,” kata Awan Rahargo.

Aksi pemecahan Rekor MURI ini disaksikan secara daring oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Negara.

Sementara itu, pada saat Acara Syukuran HUT Ke 77 TNI yang dilaksanakan oleh TNI AL dipimpin KSAL Laksmana TNI Yudo Margono di Satrol Lantamal III di Pantai Mutiara Pluit, Jakarta Utara.

Dankormar menyerahkan Piagam MURI tersebut kepada KSAL. Dalam sambutannya KSAL menyampaikan penghargaan atas pencapaian prestasi ini.

“Ini hal yang sangat membanggakan yang mencerminkan kesolidan kita baik di kalangan kita baik dengan TNI, Polri dan masyarakat serta elemen bangsa lainnya,” kata KSAL.

(Jhon)