Tol Jakarta-Cikampek Mulai Dipadati Pemudik, Jasa Marga Berlakukan Contraflow

Jakarta, LINews – PT Jasa Marga  (Persero) Tbk memberlakukan contraflow  dari Km 47 (Karawang) hingga Gerbang Tol  (GT) Cikampek Utama Km 70 pagi ini, Rabu (27/4/2022). Kebijakan itu diberlakukan sebagai imbas padatnya lalu lintas karena sudah dimulainya arus mudik Lebaran  2022.

Contraflow telah diberlakukan mulai pukul 07.36 WIB, pada Rabu,(27/04/2022). Terpantau  peningkatan volume lalu lintas (lalin) terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah timur.

Corporate Communication and Community Development Group Head, Dwimawan Heru menyampaikan pemberlakukan contraflow juga sebagai diskresi dari pihak Kepolisian. Selain itu pihaknya juga turut mengoperasikan gardu tol tambahan.

“Jasa Marga juga telah mengoperasikan total 18 gardu tol di GT Cikampek Utama dari kondisi normal 15 gardu tol, termasuk penambahan 3 gardu tol  reversible arah Trans Jawa untuk meningkatkan kapasitas transaksi,” kata Heru dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (27/4/2022).

Tidak lupa, Heru turut mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, dan saldo uang elektronik cukup. Dis amping itu, dirinya mengimbau agar pengendara mobil dapat mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

“Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan,” ujar dia.

Sebelumnya, Jasa Marga juga menutup sementara Tol Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ).

Penutupan berlaku pada pukul 08.08 WIB, Rabu (27/4/2022) untuk mengurai kepadatan kendaraan di ruas Tol Layang MBZ.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Tody Satria mengatakan kepadatan terjadi akibat pertemuan off ramp Km 48 arah Cikampek Jalan Tol Layang MBZ dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah. (RN)